BAPPELITBANG GELAR EKPOSE ANTARA PENYUSUNAN DOKUMEN PENGEMBANGAN KAWASAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA – Selasa (16/05), Bapppelitbang Kab. Banjar menggelar Ekpose Antara Penyusunan Dokumen pengembangan Kawasan Bawang Merah di Kabupaten Banjar dipimpin Kabid Perekonomian Normadiah bertempat di aula Bauntung.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Banjar melalui Bappelitbang dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Provinsi Kalimantan Selatan.

Normadiah, dalam sambutannya menjelaskan penyusunan dokumen pengembangan kawasan bawang merah dimaksudkan sebagai upaya komrehensif menyusun perencanaan guna memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Banjar, menjaga stabilisasi harga dan sekaligus juga pengembangan ekonomi masyarakat lokal melalui pengembangan komoditas strategis  bawang merah. Oleh karena itu secara tidak langsung diharapkan mampu meningkatkan IPM.

Kegiatan ekspose yang diikuti beberapa SOPD terkait ini, narasumber dari ULM yang diwakili Muhammad Fauzi,dkk, juga memeparkan bahwa berdasarkan data, hasil produksi bawang merah dikalsel pada tahun 2015 sebanyak 867 ton pertahun.  Selain itu juga pada rencana pengembangan lima tahun ditahun 2018 akan dilakukan pembukaan areal lahan minimal 10 ha, peningkatan kapasitas kelompok tani termasuk Sekolah Magang (SL), penggunaan benih berlabel, penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PHT), penyediaan pupuk anorganik serta penyiapan embung. Selebihnya di tahun 2019 dan seterusnya akan dilakukan peningkatan pada perencanaan salah satunya penerapan sentra pengembangan bawang merah Kab. Banjar seluas 20 ha.

Sedangkan strategi kebijakan pengembangan bawang merah sampai tahun 2022, dalam lima tahun pengembangan nantinya jumah areal mencapai 75 ha, selain itu akan ada manajemen usaha tani, inovasi teknologi dan penyediaan input, penataan rantai pasok serta distribusi diikuti dengan sinergi berbgai kebijakan antar instansi serta perbaikan mutu kelembagaan dan sumber daya manusia.

Sebagai tindak lanjut dari laporan antara ini, maka nantinya akan ada penambahan kelengkapan data  termasuk  perbaikan akan pembahasan yang termasuk rencana aksi yang akan dimasukkan dalam ekspose akhir. (ADB/Ekonomi)

Source:: BAPPEDA

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X