EKSPOSE SISTEM KESEHATAN DAERAH

MARTAPURA – Kabid Sosial Budaya dan SDM Bappelitbang Kab Banjar H Syahruddin rabu (16/8), membuka Ekspose Sistem Kesehatan Daerah (SKD) sekaligus memberikan arahan tentang latar belakang penyusunan SKD di Kabupaten Banjar dihadapan tim SKD yang terdiri dari sejumlah SKPD terkait serta tenaga ahli.

Dalam arahannya Syahruddin menjelaskan bahwa  Sistem Kesehatan Daerah (SKD) adalah merupakan implementasi sistem Kesehatan Nasional didaerah, yaitu suatu tatanan yang menghimpun berbagai upaya pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta di daerah yang secara terpadu dan saling mendukung, guna menjamin tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dan pada hakekadnya merupakan wujud sekaligus metode penyelenggaraan kesehatan daerah.

“Dengan adanya rapat ini diharapkan agar seluruh peserta rapat bisa mendukung dan memberikan solusi terbaik sehingga bisa terlaksana dan terwujud sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman” ujarnya berharap.

Sementara narasumber dari tenaga ahli menyebutkan dokumen SKD yang dibuat akan terdiri dari 12 bab dengan beberapa sub bahasan dasar-dasar sistem kesehatan daerah meliputi kesehatan, hak azasi manuasia, Sinergi dan komitmen dinamis, serta komitmen dan tata pemerintahan yang baik.

Berdasarkan hasil rapat yang diisi dengan diskusi tanya jawab untuk menjaring masukan dan solusi, semua peserta berkomitmen dan konsisten bahwa dokumen SKD bertujuan  agar upaya kesehatan diselenggarakan secara berjangka, bermutu dan berkesinambungan guna mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Tak hanya itu, komitmen lainnya yaitu upaya kesehatan diutamakan pada berbagi upaya yang empunyai daya ungkit tinggi dalam pencapaian sasaran pembagian kesehatan utama pendidikan rentan, antara lain ibu, bayi, anak, usia lanjut dan masyarakat miskin. (ADB/Sosbud)

Source:: BAPPEDA

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X