GAMBARAN UMUM KESEHATAN

Screenshot_3

Dalam upaya pelayanan kesehatan telah dilaksanakan berupa penyediaan sarana dan prasarana kesehatan selain satu buah RSUD Ratu Zalecha di Kabupaten Banjar tercatat 93 buah puskesmas dengan 27 buah puskesmas keliling kendaraan bermotor dan 2 buah perahu bermotor. Disamping penyediaan sarana kesehatan, diperlukan pula tenaga medis yang handal untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Di Kabupaten Banjar jumlah paramedis secara keseluruhan adalah 441 orang termasuk 62 orang tenaga yang non medis, sementara jumlah dokter sebanyak 47 orang dengan rincian, 36 orang dokter umum, 11 orang dokter gigi. beberapa program dan kegiatan yang ditujukan untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, baik terhadap indikator Cakupan kunjungan Bumil K4, Cakupan komplikasi kebidanan yang ditangani, Cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi kebidanan, Cakupan pelayanan ibu nifas, Cakupan kunjungan bayi, maupun Cakupan pelayanan kesehatan dasar masyarakat miskin. Selanjutnya dengan status RSU Ratu Zalekha yang menjadi BLUD juga berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas derajat kesehatan masyarakat.

Pada beberapa sektor pelayanan seperti di UGD, Rawat Inap, maupun Rawat Jalan secara simultan juga mengalami peningkatan terutama pada indikator seperti kemampuan menangani life saving anak dan dewasa, jam buka pelayanan, ketersediaan tim penanggulangan bencana, maupun waktu tanggap pelayanan dokter.

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X