Jelang Musim Tanam, Petani Buru Hama Tikus

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Warga Desa Tambak Anyar, Kecamatan Martapura Timur membasmi hama tikus untuk menghadapi masa tanam padi melibatkan warga di 20 desa se Kecamatan Martapura Timur. Basmi hama tikus dilakukan oleh masyarakat Tambak Anyar setiap tahun, karena hama tikus tersebut merusak tanaman padi. Warga beramai-ramai menangkap tikus saat malam hari, karena lebih mudah.
Salah satu warga, Zainal Aqli mengatakan, cara menangkap tikus lebih mud

ah pada saat malam hari. “Karena tikus tersebut jinak pada malam hari, setelah itu tinggal dipukul saja tikusnya,” ujar Zainal Aqli, Kamis (4/1).

Hasil perburuan pada tahun ini lebih sedikit dibandingkan dari tahun sebelumnya, hasil tikus yang ditangkap sebanyak 1.163 ekor dalam satu malam. “Tahun kemarin, lebih dari 4.000 ekor dalam satu malam,” sebut warga ini.
Pembakal Tambak Anyar Ilir Bahruji menjelaskan, perburuan tikus tahun ini tidak sebanyak tahun kemarin karena kondisi air saat ini kurang dalam dan keberadaan tikus berada di tengah-tengah lahan pertanian.
“Tidak seperti tahun-tahun yang lewat, air yang dalam membuat tikus berada di dataran tinggi dan mudah untuk ditangkap,” jelasnya. “Dengan adanya penangkapan hamas tikus ini, mudah-mudahan hasil pertanian padi warga meningkat,” tambah Bahruji.
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Banjar, Muhammad Fachry mengatakan, saat ini musuh petani yaitu hama tikus, perkembangbiakan tikus juga begitu cepat.
“Alhamdulillah semua desa di Kecamatan Martapura Timur sudah memulai lagi melakukan penangkapan tikus, semoga kecamatan-kecamatan yang lain juga melakukan hal serupa. Karena kalau hanya di satu kecamatan saja yang melakukan tetapi kecamatan lain tidak maka tikus tetap banyak berkembang biak,” jelasnya. (MC-Kab.Banjar/kanalk/dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X