PENYUSUNAN DOKUMENTASI PROFIL PAUD KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA – Untuk memberikan gambaran mengenai evaluasi terhadap pendidikan anak usia dini yang ada di Kabupaten Banjar maka disusunlah Dokumen profil PAUD kabupaten banjar sebagai upaya memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi pendidikan anak usia dini yang ada di Kabupaten Banjar. Profil PAUD ini memberikan gambaran berkaitan dengan sasaran program PAUD dan delapan standar yang dijalankan oleh masing-masing PAUD di wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Profil PAUD juga menggambarkan partisipasi penduduk dalam mensukseskan program pendidikan anak usia dini baik pada PAUD maupun Raudatul Athfal (RA) di wilayah meraka yang meliputi Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Beruntung Baru, Kecamatan Gambut, Kecamatan Kertak Hanyar, Kecamatan Tatah Makmur, Kecamatan Sungai Tabuk, Kecamatan Martapura, Kecamatan Martapura Timur, Kecamatan Martapura Barat, Kecamatan Astanbul, Kecamatan Karang Intan, Kecamatan Aranio, Kecamatan Sungai Pinang, Kecamatan Paramasan, Kecamatan Pengaron, Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Mataraman, Kecamatan Simpang Empat, Dan Kecamatan Telaga Bauntung.

Sehubungan dengan dilaksanakannya Penyusunan Dokumentasi Profil  PAUD Kabupaten Banjar tersebut Senin (10/04), di ruang Bauntung, Bappelitbang Kabupaten Banjar mengadakan Rapat Teknis yang dibuka dan dipimpin Kepala Bidang Sosial Budaya dan SDM H. Syahruddin,  dihadiri Dinas Pendidikan, Bappelitbang dengan narasumber dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili Rika Ura Zwageny.

Dalam sambutan singkatnya H. Syahruddin menjelaskan maksud dari dilaksanakannya pembuatan Profil Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Banjar tersebut yaitu untuk tersusunnya dokumen yang menggambarkan Profil PAUD di Kabupaten Banjar sebagai dasar pelaksanaan program dan kegiatan yang terkait dengan PAUD.

Sementara itu tim peneliti ULM Rika, menyebutkan bahwa tujuan dari penyusunan Profil PAUD Kabupaten Banjar adalah untuk : (i) Mengidentifikasi kondisi PAUD di Kabupaten Banjar berdasarkan delapan standar pendidikan. (ii) Mendeskripsikan kebutuhan PAUD di Kabupaten Banjar berdasarkan analisa situasi di Kabupaten Banjar dalam rangka meningkatkan Angka Patisipasi Kasar. (iii) Mendeskripsikan perkembangan PAUD di Kabupaten Banjar dari sudut pandang Psikologi dan Pendidikan (iv) Menyusun sebuah dokumen dan rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan dasar pelaksanaan pengembangan PAUD di Kabupaten Banjar. “Lingkup wilayah Profil PAUD Kabupaten Banjar merupakan seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar dengan luas wilayah 4.688,50 km2 yang meliputi dua puluh kecamatan” tambahnya lagi.

“Hasil kegiatan perumusuan dokumen Profil PAUD Kabupaten Banjar ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara komprehensif tentang capaian dalam program dan kegiatan yang berkaitan dengan anak, berbagai hambatan dan peluang kebijakan pengembangan PAUD serta tersusunnya profil PAUD yang dapat menjadi pedoman pelaksananaan kebijakan pengembangan PAUD di Kabupaten Banjar” harap H. Syahruddin diakhir acara.(ADB/Sosbud)

 

Source:: BAPPEDA

You might also like More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X