RAKOR KABUPATEN SEHAT

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MARTAPURA – Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui “FORUM” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada. Forum tersebut disebut “FORUM KABUPATEN/KOTA SEHAT” atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa.

Berdasarkan hal tersebut diatas Senin (19/06) Bappelitbang Banjar melaksanakan Rapat koordinasi dengan agenda pembentukan atau pemilihan anggota Forum Kabupaten Sehat sekaligus finalisasi penetapan terhadap desa sehat serta beberapa  hal lainnya yang berkaitan dengan kabupaten sehat dipimpin Kabid Sosbud dan SDM Bapelitbang Kabupaten Banjar H. Syahruddin, dan dihadiri  Tim koordinasi Kabupaten Sehat, Forum Kabupaten Sehat, serta Bappelitbang.

Forum Komunikasi Desa Sehat adalah wadah bagi masyarakat di kecamatan kabupaten untuk mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan dan mensimplikasikan prioritas, perencanaan antara desa satu dengan desa lainnya diwilayah kecamatan yang dilakukan oleh masing-masing Pokja Desa Sehat mewujutkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya.

Dari hasil pembahasan diskusi tanya jawab berdasarkan informasi dari peserta bahwa Forum kabupaten sehat untuk saat masih belum terbentuk karena terkendala pemilihan anggota tim, mencari orang yang sesuai dengan  kriteria yang diperlukan seperti memiliki komitmen untuk bekerja sukarela, memiliki pengetahuan tentang kesehatan, sanitasi , dapat berkomunikasi dengan baik  dengan SKPD terkait dll.

Adapun nantinya dalam pembentukan Forum Kabupaten Sehat akan difasilitasi oleh Bapak Faturrahman dari Forum Komunitas Hijau (FKH),   dan setelah pembentukan forum Kabupaten maka akan dibentuk forum kecamatan di 11 kecamatan terpilih serta Pokja kelurahan/desa. Kader-kader kesehatan di kecamatan dan desa bisa dijadikan sebagai anggota forum kecamatan dan pokja desa/kelurahan

Dalam rapat tersebut diinformasikan juga mengenai pelaksanaan sosialisasi Kabupaten Sehat tingkat Kabupaten direncanakan pada tanggal 11 Juli 2017 dengan Narasumber dari Kemenkes dan Kemendagri Ditjen Bangda serta rencana kunjungan ke Banjarmasin dan Kota Malang terkait Kabupaten/Kota sehat akan dilaksanakan setelah kegiatan sosialisasi kabupaten sehat.

“Dengan kegiatan kabupaten sehat tersebut nantinya diharapkan tercapainya kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warga Kabupaten Banjar dengan terlaksananya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat maningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat” ujar H. Syahruddin sekaligus menutup rapat. (ADB/Sosbud)

Source:: BAPPEDA

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X