RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN DOKUMEN SHBJ

MARTAPURA – Standar Harga Barang dan Jasa atau  SHBJ dengan merupakan upaya pemenuhan kebutuhan data tentang harga-harga barang dan jasa khususnya untuk keperluan dinas/instansi seluruh pemerintahan , seperti harga alat tulis kantor, barang cetakan, peralatan dan perabot kantor, komputer, barang elektronik, dan barang/jasa lainnya.

SHBJ sendiri menjawab kebutuhan informasi mengenai penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan untuk perencanaan dan penganggaran  dalam pelaksanaan kegiatan , oleh karena itu SHBJ berperan penting sebagai salah satu bahan acuan  dalam pengadaan barang dan jasa yang akan dipergunakan pada Satuan Organiasasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Oleh karena itu dengan Pemkab Banjar menjalin kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) guna menjamin suksesnya pelaksanaan kegiatan dimaksud. Kerjasama itu sendiri mencakup proses pengumpulan dan pengolahan data.

Dalam rangka penyusunan SHBJ tahun 2017 untuk keperluan tahun 2018 tersebut , Pemkab Banjar melalui Bappelitbang Kamis (06/04) ,  gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Dokumen SHBJ  yang Dipimpin Sekretaris Bappelitbang Rachmat Dhany,  di ruang Bauntung lantai III Bappelitbang Banjar dihadiri beberapa SOPD terkait dan kepala BPS Banjar Nurul Sabah.

Penyusunan data pada Buku SHBJ ditahun 2017 dilakukan dengan cara memperbarui harga barang melalui survey harga. Serta mengadopsi semua masukan – masukan mengenai harga barang dan jasa dimasing – masing SKPD yang harus dimasukkan dalam Standar Harga Barang dan Jasa.

Rachmat Dhany mengingatkan  agar SOPD beserta jajarannya mencermati kembali data-data setiap barang dan jasa yang ada di dalam buku SHBJ menyesuaikan dengan kebutuhan barang yang akan direncanakan/dilaksanakan pada SKPD-nya masing-masing, untuk kemudian dilakukan perbaikan data revisi dan atau penambahan data apabila belum tercantum dalam buku SHBJ tersebut. (ADB/PDI)

Source:: BAPPEDA

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X