Si Bamban Mendadak Tenar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Nama Durian Si Bamban mendadak tenar di kalangan masyarakat terutama para pecinta durian di Kalimantan Selatan. Ini karena durian asal Desa Bi’ih Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar tersebut, berhasil menjadi “raja durian” di ajang Kontes Durian se Kabupaten Banjar, Kamis (11/1) pekan lalu.
Nama durian Si Bamban semula tak begitu diperhitungkan di ajang yang digelar oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Banjar dengan hadiah total Rp25 juta tersebut.
Bahkan menurut Syamsi, sang pemilik durian, pohon Si Bamban baru berumur sekitar 10 tahun dan baru pertama kali mengikuti kontes durian. “Kaget juga, karena baru pertama kali ikut. Ya senang dan bahagia lah, bisa juara,” ujarnya.
Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar, M Fachry, yang sekaligus bertindak selaku panitia mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 80 peserta dari 8 kecamatan di Kabupaten Banjar merupakan daerah yang dikenal memiliki durian berkualitas. Di antaranya Kecamatan Sungai Pinang, Pengaron, Sambung Makmur, Karang Intan, Mataraman.
Kriteria penjurian didasarkan pada warna daging buah, aroma, ukuran buah, ketebalan daging buah, tekstur daging buah, dan rasa. “Masing-masing membawa jenis durian unggulannya masing-masing,” jelasnya.
Usai dilakukan penilaian yang ketat dari juri, akhirnya ditetapkan sebagai Juara I adalah Si Bamban dari Desa Biih, Karang Intan dengan nama pemilik Syamsi. Juara II diraih durian Si Banteng juga asal Desa Biih, Karang Intan, dengan nama pemilik Fauzi Rahman, dan juara III diraih Si Dodol, asal Desa Balau, Karang Intan dengan nama pemilik Syamsi.
Sedangkan untuk juara Harapan I diraih oleh durian Si Naga dari Desa Maniapun, Pengaron dengan nama pemilik Nahro Wani, Harapan II diraih Si Gading dari Desa Birau, Karang Intan dengan nama pemilik Husin, dan harapan III diserahkan untuk durian Si Tunjuk, dari Pengaron dengan nama pemilik Mashudani.
Pemanang lomba, selain mendapat piala dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, juga mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 5 juta.
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang juga hadir sekaligus meresmikan kawasan Agrowisata Durian Desa Bi’ih Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, mengaku terkesan dengan hasil durian di Kabupaten Banjar. Bahkan ketika beliau turut menikmati si Bamban durian pemenang kontes, dia mengatakan sangat lezat. “Daging buahnya tebal, dan rasanya luar biasa,” komentar Paman Birin, demikian beliau sering disapa.

Komentar serupa diutarakan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, Kapolda Kalsel Brigjend Rahmat Mulyana, Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette,  Dandim 1006 Martapura, Letkol Inf M Goffar N serta pejabat lain yang turut mencicipi durian juara tersebut. “Rasanya, manis dan enak sekali. Khas durian Banjar,” ujar bupati.  (MC-Kab.Banjar/dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X