SOSIALISASI BPJS KETENAGAKERJAAN

 

Martapura – Sekretaris BAPPELITBANG Kabupaten Banjar, Rakhmat Dhany, S.IP,M.AP,MIDS, Senin (17/4), membuka Sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Aula Batuah Lantai III BAPPELITBANG Kab. Banjar. Menurutnya, BPJS merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Pada sosialisasi ini Sekretaris didampingi oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian H. Achyari, S.AP.

Sistem jaminan sosial nasional bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat, sehingga seluruh rakyat indonesia dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya secara layak, seperti kesehatan atau jaminan resiko ketenagakerjaan,” kata Sekretaris.

Sementara itu Isnaeni dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin, mengungkapkan bahwa BAPPEDA (dulu) adalah instansi Pemerintah Kabupaten Banjar yang pertama mendaftarkan ke BPJS Keternagakerjaan. Isnaeni menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum yang dibentuk pemerintah untuk menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian.

Ia mengatakan, saat ini telah ada dua jenis BPJS di Indonesia, yakni BPJS Kesehatan yang sebelum bertransformasi berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Askes dalam sistem pelayanan Kesehatan, kemudian BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya berbentuk BUMN PT Jamsostek, untuk mengurus resiko ketenagakerjaan.

“Yang menjadi peserta adalah setiap Warga Negara Indonesia, dan orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia dan telah membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan. Tidak terkecuali mereka yang bekerja di lembaga formal maupun bekerja secara informal,” jelasnya.

Sesuai Perpres 109 Tahun 2013, ulasnya, pemberi kerja penyelenggara negara wajib mendaftarkan para pekerjanya dalam program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian secara bertahap kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Pendaftaran bagi pekerja pada pemberi kerja penyelenggara negara, dilakukan untuk program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian paling lambat tanggal 1 Juli 2015. Sedangkan untuk program jaminan hari tua dan program jaminan pensiun, paling lambat pada tahun 2029. Dua program terakhir karena masih ada lembaga lain, seperti Taspen yang mengurusnya,” terangnya.

Untuk Kabupaten Banjar sampai dengan saat ini sudah banyak instansi yang mendaftarkan pegawainya ke BPJS Ketenagakerjaan. Semoga nantinya seluruh instansi di Kabupaten Banjar bisa mendaftarkan pegawainya pada BPJS Keternagakerjaan. (ADB/Bappelitbang)

Source:: BAPPEDA

You might also like More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X