Susu Kambing Bakal Jadi Unggulan Desa Pematang

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar yang dinahkodai oleh Bupati H Khalilurrahman sangat intens dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakatnya. Satu lagi daerah di Kabupaten Banjar yang kini mulai terlihat kemajuannya adalah Desa Pematang di Kecamatan Mataraman. Kawasan yang terletak sekitar 24 kilometer dari Kota Martapura, ibukota Kabupaten Banjar tersebut, kini sukses dengan peternakan kambing serta produk susunya.
Sebut saja Kelompok Ternak Kambing “Lebah Madu” yang bermarkas di Desa Pematang, yang semula hanya memiliki 51 ekor kambing jenis etawa, sekarang populasinya sudah mencapai 154 ekor.
Menurut Kepala Bidang Sumberdaya dan Penyuluhan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, Ir Edie Roosnandi Noor, awalnya Kelompok Ternak Kambing “Lebah Madu” yang diketuai oleh Abdul Rohim tersebut memperoleh hibah dari pemerintah sebanyak 3 ekor kambing jantan dan 48 ekor betina.
“Kami selaku pembina turut gembira dengan hasil serta kemajuan ini. Kami berharap agar ternak kambing etawa di sini terus berkembang,” ujarnya saat bersama dengan Susilo, Spt dari Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Pelaihari yang merupakan kepanjangan tangan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian, mengunjungi Desa Pematang Kecamatan Mataraman, Kamis (15/6).
Produk unggulan Kelompok Ternak Kambing “Lebah Madu” adalah pengolahan susu kambing cair dan yoghurt. Kendalanya saat ini adalah soal pemasaran yang masih terbatas pada masyarakat sekitar atau mereka yang mengetahui adanya produksi susu segar dan yoghurt di desa tersebut saja.
Padahal ujar Edie Roosnandi,  susu kambing merupakan sumber protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Bahkan di daerah kering dan tandus, masyarakatnya mengandalkan susu kambing untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
 Susu kambing sudah sering digunakan sebagai pengobatan dan pencegah penyakit diantaranya alergi, asma, gangguan pernafasan, kolesterol, asam urat, diabetes dan lainnya.
“Susu kambing yang terbaik adalah susu segar, bukan susu kambing bubuk, kualitas  susu kambing cair segar jauh lebih baik dari pada susu kambing bubuk, maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi susu cair segar,” jelas Edie Roosnandi.
Ditambahkan petugas dari Disnakbun Banjar, Gt M Haris, bahwa keunggulan susu kambing dibanding susu sapi yakni kadar fluorine susu kambing 10-100 kali lebih besar dibanding susu sapi yang bermanfaat sebagai anti septik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh.
“Juga menambah vitalitas dan daya tahan tubuh. mengatasi impotensi dan gairah seksual bagi pria maupun wanita.  Mereka yang mengetahui manfaat susu kambing, akan secara rutin mengonsumsinya. Makanya, silakan datang dan konsumsi susu kambing segar atau yoghurt dari Desa Pematang ini.” (MC-Kab.Banjar/haris/dani/Kus)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X