Urus Kartu Identitas Cukup Sampai Kecamatan

MARTAPURA- Birokrasi yang ribet dalam pengurusan KTP maupun Kartu Keluarga (KK) yang sebelumnya dikeluhkan kepala desa, direspon Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar Azwar SH, MSi. Prosedur sebenarnya dalam hal pengurusan kartu identitas dan keluarga hanya di Kecamatan.

Azwar mengatakan, proses pengurusan KTP atau pun KK tidak perlu sampai ke Disdukcapil. Sebab di kecamatan sudah ada operator untuk menangani. “Di sanakan ada Kepala Seksi Pemerintahannya dan ada operator yang menangani masalah kependudukan ini,” ucapnya.

Walaupun, tidak menutup kemungkinan masyarakat untuk datang ke Disdukcapil karena ada beberapa hal yang harus di urus di sana. Dan itu pun juga tetap melewati pihak kecamatan. “Seperti tanda tangan, itu harus dari saya langsung. Kalau bahasanya itu tanda tangan basah. Kemudian yang memerlukan tanda tangan kepala dinas, harus dikolektifkan dulu dari sini, baru kembali ke kecamatan,” jelas Azwar ditemui di Kantornya Disdukcapil, Selasa (12/9/17).

Dia menyarankan kepada masyarakat jika ingin mengurus dokumen kependudukan, untuk melakukan sendiri. Jika tidak mengerti, bisa bertanya ke pihak kecamatan.”Apalagi urusan tersebut tidak dipungut bayaran atau gratis. Kecuali untuk keterlambatan pembuatan akta kelahiran, akan dikenakan pembayaran sebesar Rp 50 ribu. Tujuannya untuk mendisiplinkan masyarakat mengurus pembuatan akta kelahiran,”  terangnya.

Azwar berharap, kepala desa yang menjadi ujung tombak pelayanan di daerah memahami prosedur pengurusan kartu identitas. Sebab hal tersebut kenyataannya sudah disosialisasi sejak lama.

Sebelumnya,  Kepala Desa Lok Baintan, Sapriansyah mengatakan, urusan birokrasi dalam hal perbaikan KK (Kartu Keluarga) sangatlah ribet dan berbelit.

Karena alasanya, untuk mengurus perbaikan KK dia harus mengurus ke Disdukcapil. Namun saat mencetak perbaikannya diserahkan ke pihak Kecamatan. Kemudian kartu perbaikan yang sudah didapat, kembali dibawa ke Disdukcapil untuk ditanda tangani Kepala Dinas.

 ***Mengutip dari Laman https://www.kalimantanview.com/urus-kartu-identitas-cukup-sampai-kecamatan/ .

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X