12 KIM Siap Dibentuk di Aranio

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Sebanyak 12 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) siap dibentuk di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.
Kesiapan KIM tersebut setelah para kepala desa dan aparatur desa se Aranio mengikuti sosilisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Rabu (31/7/2019).
Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian saat membuka sosialisasi mengatakan, KIM diselenggarakan untuk mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan arus informasi.
Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2010, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi serta pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah,” katanya, di hadapan para kepala desa dan pengurus desa serta Camat Aranio, Taufikurrahman dan jajaran.
Farid Soufian menyampaikan dengan pembentukan KIM lingkup desa di Kecamatan Aranio akan mendongkrak berbagai macam informasi pembangunan, kebijakan serta informasi lainnya.
“Keperluan masyarakat tentang informasi hari ini begitu penting, melalui KIM nantinya akan menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya, seperti halnya pembangunan jalan menuju salah satu objek wisata di Aranio, yang diekpose, selain menjadi informasi yang menjadi nilai tambah objek wisata tersebut, hal ini juga bukti pembangunan ditingkat desa,” ujarnya.
Dinas Kominfo Statistik dan Persandian melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik saat ini sudah merancang Peraturan Bupati Banjar Tentang Kelompok Informasi Masyarakat. Setiap desa atau kelurahan paling tidak mempunyai satu Kelompok Informasi Masyarakat.
“Melalui KIM, masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri dan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi,” harap Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar tersebut.
Camat Aranio, Taufikurrahman menyatakan siap mendukung dan mengawal pembentukan KIM di 12 desa di kecamatan yang dia pimpin. Menurutnya, manfaat KIM sangat besar, apalagi Kecamatan Aranio dengan luas hampir seperempat Kabupaten Banjar memiliki potensi sangat besar terutama di bidang pariwisata. “Nantinya melalui website KIM ini, kita yakin akan semakin mudah untuk mempromosikan berbagai potensi yang ada di desa-desa di Kecamatan Aranio ini,” imbuhnya.(MC Kominfo Kab Banjar/rzq/prs)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...