30 Grup Ramaikan Festival Bedug di Martapura

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Sebanyak 30 grup dari berbagai daerah kecamatan di Kabupaten Banjar turut ambil bagian dalam Festival Bedug yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.
Festival bedug yang merupakan agenda rutin setiap tiba bulan Ramadan, dibuka oleh Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Rabu, (23/5) di Halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar. Bupati yang akrab disapa Guru Khalil ini menabuh bedug besar tanda dimulainya festival bedug se-Kabupaten Banjar.
H. Khalilurrahman mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan salah satu media efektif untuk menyalurkan bakat, kreativitas, dan kemampuan seni, khususnya di kalangan generasi muda.
“Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara bagi kita, untuk dapat melestarikan budaya dan kesenian tradisional, ditengah ramainya media sosial dan budaya yang tidak Islami. Saat ini, segala sesuatu yang bersifat tradisional hampir terabaikan,” ujarnya.
Bupati berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya para remaja tentang pentingnya melestarikan seni budaya tradisional, sekaligus membentengi diri dari pengaruh negatif globalisasi.
Semakin derasnya arus informasi yang masuk ke daerah tanpa diimbangi dengan kekuatan untuk membentengi diri, mengakibatkan budaya luar diterima sepenuhnya sebagai gaya hidup yang dianggap modern. Sehingga sering terjadi generasi muda terpengaruh hal-hal yang bersifat negatif, yang pada akhirnya membawa citra generasi muda menjadi kurang baik.
“Hal ini jangan sampai terjadi pada generasi muda kita di Kabupaten Banjar,” pungkas Guru Khalil panggilan akrab Bupati Banjar.
Guru Khalil berharap kepada semua peserta untuk menampilkan yang terbaik dengan menciptakan harmonisasi nada, kreativitas, dan penampilan yang prima. “Karena yang terbaik akan tampil di grand final nantinya,” imbuhnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani melalui Sekretaris Aidy Hikmatullah mengatakan, lomba festival bedug ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan. “Selain itu, festival bedug ini juga untuk melestarikan budaya atau tradisi masyarakat Kabupaten Banjar dalam menyambut bulan suci ramadan dan hari raya Idul Fitri 1439 H,” ujar Aidy.

Festival bedug menyambut bulan ramadan tahun 2018 ini diikuti oleh 30 peserta, untuk babak penyisihan dilakukan selama dua hari, yang dilakukan dari mulai hari ini 23 – 24 Mei 2018. Setiap harinya menampilkan 15 grup, untuk finalnya akan kita laksanakan pada malam hari raya. Setiap grup berjumlah 16 orang dengan 5 penyair dan 11 penabuh bedug, untuk waktu setiap grup yang tampil itu 15 menit.  (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Nuary/Dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X