4 PROGRAM PRIORITAS DI BAHAS PADA MUSRENBANG RKPD TAHUN 2021

Martapura, InfoPublik – Bappeda litbang Kabupaten Banjar melalui video conference menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2021 di Aula Mahligai Sultan Adam, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Selasa (21/4/2020).

Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam hal ini diwakili Sekda Banjar HM Hilman membuka secara resmi Musrenbang tersebut dengan tema “Penguatan SDM dan Ekonomi Untuk Daya Tahan Sosial Budaya Masyarakat”.

Musrenbang melalui vicon dan live streaming youtube Intan TV ini difasilitasi oleh Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar.

Adapun yang menjadi isu strategis dalam pembahasan Musrenbang ini, diantaranya mengenai perhatian dan tanggung jawab pemerintah untuk melakukan pemulihan terhadap ekonomi masyarakat yang terdampk wabah virus Covid-19.

Serta mieningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur pendidikan serta meningkatkan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap pendapatan daerah.

Sekda Banjar menyampaikan sambutan Bupati Banjar meminta untuk kepada seluruh pemangku kepentingan agar berkontribusi positif bagi upaya untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Banjar tahun 2016-2021.

Sesuai dengan kewenangan serta tupoksi dan peranannya, juga kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Mohon dukungan program dan pendanaan terkait terkait dengan upaya mengatasi isu strategis ini, seperti diantarannya kemiskinan, pengangguran, pangan, infrastruktur serta pemulihan ekonomi akibat dampak wabah penyakit covid-19,” ungkap Sekda Banjar

Sementara itu, Kepala Bappeda litbang Banjar Galuh Tantri Natindra mengatakan ada empat prioritas pembangunan di tahun 2021 kedepannnya.

“Prioritas pertama yaitu tentang pemulihan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan kulaitas pendidikan dan kesejahteraan. Kedua adalah pemulihan ekonomi melalui sektor pertanian, perikanan, dan barang jasa,” katanya

Selanjutnya prioritas ketiga yakni peningkatan infrastruktur serta pelestarian lingkungan dan yang keempat yaitu peningkatan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik.

Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi dalam pernyataannya mengharapkan Musrenbang tersebut merupakan suatu kesempatan untuk mengkomunikasikan perencanaan yang bersifat populis.

“Sehingga dalam pengaplikasiannya betul-betul menyentuh problem dan kebutuhan serta berdampak pada lebaikan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Banjar,” jelasnya.

Musrenbang tersebut selain dilakukan secara video conference juga disiarkan secara live streaming melalui youtube channel Intan TV Kominfo Banjar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Prs)

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?