70 PERAHU HIAS PERCANTIK SUNGAI MARTAPURA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebanyak 70 perahu hias di Kecamatan Martapura Barat mengikuti Festival. Ajang yang digelar masyarakat untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Banjar yang ke 68 dan HUT RI ke 73.
Arak-arakan puluhan perahu hias mengarungi sepanjang Sungai Martapura di Desa Keliling Benteng Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Kamis (16/8).
Camat Martapura Barat, Rabbani menjelaskan bahwa 70 peserta Festival Perahu Hias dari Kecamatan Martapura Barat, atas dasar inisiatif masyarakat setempat untuk mengadakan acara tersebut.
Sesuai dengan rencana, lanjut dia, pemberangkatan perahu dari lokasi Keliling Benteng Tengah, Kecamatan Martapura Barat, yang kemudian memutar di desa Dalam Pagar.
Segala pernak-pernik bendera merah putih dan umbul-umbul warna yang sama serta hiasan lainnya, membuat semua perahu nampak tidak biasa.

Kemeriahan perahu hias itu mampu pukau masyarakat sekitar. Hal itu terlihat dari ramainya pinggiran sungai martapura di Desa Keliling Benteng. Baik itu sisi kiri dan kanan sungai.
Teriakan dan sorakan serta lambaian tangan juga iringi pelepasan parahu-perahu hias tersebut. Informasi terhimpun, perahu itu akan memutar hingga Desa Dalam Pagar.
Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur membuka secara langsung arak-arakan tersebut. Acara itu merupakan kegiatan festival perahu hias yang digelar oleh Kecamatan Martapura Barat.
Dalam Festival perahu hias ini, lanjut dia, juga akan diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, antara lain, panggung hiburan musik penting khas Kalimantan Selatan . “Pelaksanaan musik panting digelar di atas perahu yang juga dihiasi” katanya.
Ia menambahkan bahwa pelaksanaan Festival ini selain untuk memeriahkan HUT kabupaten juga untuk menambah daya tarik pariwisata di daerahnya. “Harapan kami Festival perahu hias ini tidak hanya menarik wisatawan domestik lokal, tetapi juga luar daerah,” katanya.

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X