Ada Festival Pasar Terapung di Lok Baintan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, mempersembahkan Festival Pasar Terapung Lok Baintan. Festival ini rencananya digelar di Dermaga Bawah Jembatan Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, pada Minggu (2/12).
Perhelatan ketiga kalinya ini mengangkat tradisi budaya masyarakat di daerah sungai yang bertajuk “Menggenggam Semangat Tradisi”. Festival menampilkan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Event dikemas dengan berbagai rangkaian acara yaitu tanglong jukung, jukung hias tradisional, lomba foto, atraksi formasi jukung dan penampilan seni budaya khas Kabupaten Banjar. Dipastikan ratusan jukung bahkan ribuan akan ikut festival di pasar terapung tradisional satu-satunya di Indoensia ini.
Sajian berbagai kuliner tradisional, buah-buahan dan sayuran yang merupakan hasil kebun sendiri akan ditampilkan oleh ratusan peserta jukung hias tradisional siap memanjakan pengunjung untuk menikmati sembari merasakan pengalaman yang kental akan khazanah budaya yang sudah ada sejak abad ke – 18.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan, event ini bagian dari kegiatan promosi wisata yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata di Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya dan menjadikan pintu gerbang investasi pariwisata di Kabupaten Banjar pada khususnya. Selain itu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tingkat daerah maupun nasional.
Ditambahkannya, pada tahun sebelumnya kegiatan ini pernah saksikan oleh ribuan orang pengunjung. Ia berharap pada tahun 2018 ini, jumlah pengunjung akan melebihi dari tahun sebelumnya.
“Tahun lalu, pengunjung yang datang lumayan ramai, jumlahnya sekitar ribuan orang. Dari jumlah pengunjung yang datang itu, pastinya sangat memberikan efek ekonomi kepada masyarakat sekitar Pasar Terapung Lok Baintan. Mudah-mudahan tahun ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kepala Disbudpar, Haris Rifani.
Haris mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu memberikan dukungan pada perhelatan Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018, di antaranya Pemerintah Kabupaten Banjar, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Kementerian Pariwisata RI dan berbagai media yang turut membantu mempromosikan kegiatan ini. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Brifda-Nuary/Dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...