BADAN KESBANGPOL BANJAR LUNCURKAN APLIKASI ANDROID “SIMANTAB”

PSX_20191128_130747-copy-768x483

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar Luncurkan Sekaligus Adakan Bimbingan Tekhnis Sistem Informasi Keamanan , Ketentraman dan Ketertiban ” Si Mantab” , yang dibuka secara resmi oleh Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan , Hukum dan Politik Ir Suprapto , yang dilaksanakan di Kecamatan Gambut , Kamis (28/11).

Mewakili Bupati Banjar Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Ir Suprapto menilai Sistem Informasi Keamanan , Ketentraman dan Ketertiban ” Si Mantab” yang dihadirkan oleh Pihak Badan Kesbangpol ini merupakan salah satu terobosan yang sangat inovatif, karena dengan ” Si Mantab ” yang terhubung dengan smartphone, akan mempermudah Pihak Pemerintah Kabupaten Banjar yang bekerja sama dengan Aparat TNI dan Polri untuk menjaga Keamanan , Ketentraman dan Ketertiban kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Banjar.
” Saya harap para peserta yang mengikuti Bimbingan Tekhnis Sistem Informasi Keamanan , Ketentraman dan Ketertiban ” Si Mantab” ini, dapat mengikuti serta menyimak secara sungguh- sungguh tentang tata cara penggunaan ” Si Mantab ” agar kedepannya dapat difungsikan dengan baik , demi menjaga Keamanan , Ketentraman dan Ketertiban kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Banjar ” Tutur Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan , Hukum dan Politik Ir Suprapto.PSX_20191128_125539-copy-768x501

” Sistem Informasi Keamanan , Ketentraman dan Ketertiban ” Si Mantab” ini sangat bermanfaat untuk memantau segala sesuatu kegiatan yang terjadi di masyarakat, tentunya dengan bantuan aparat Kecamatan, Desa , Masyarakat serta lainnya . selain itu ” Si Mantap ” menyediakan opsi-opsi untuk pengunduhan data yang valid sesuai dengan realita yang terjadi di masyarakat, guna mencegah isu-isu yang tidak sesuai dilapangan /Hoax ” Tegas Kepala Badan Kesbangpol Aslam S.Sos.

Berbagai upaya Penanganan Konflik terus dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada, termasuk membentuk kerangka regulasi baru. Dengan mengacu pada strategi Penanganan Konflik yang dikembangkan oleh Pemerintah, kerangka regulasi yang ada mencakup tiga strategi. Pertama, kerangka regulasi dalam upaya Pencegahan Konflik seperti regulasi mengenai kebijakan dan strategi pembangunan yang sensitif terhadap Konflik dan upaya Pencegahan Konflik. Kedua, kerangka regulasi bagi kegiatan Penanganan Konflik pada saat terjadi Konflik yang meliputi upaya penghentian kekerasan dan pencegahan jatuhnya korban manusia ataupun harta benda. Ketiga, kerangka regulasi bagi penanganan pascakonflik, yaitu ketentuan yang berkaitan dengan tugas penyelesaian sengketa/proses hukum serta kegiatan pemulihan, reintegrasi, dan rehabilitasi.

IMG-20191128-WA0128-750x375

Adapun upaya yang akan dilakukan oleh Badan Kesbangpol adalah membuat suatu aplikasi yang bertujuan meminimalisir berbagai kejadian atau potensi konflik sosial di wilayah Kabupaten Banjar dengan menggunakan sarana berupa aplikasi dalam Android yang mengacu pada pelaporan langsung pada Bupati Banjar melalui Badan Kesbangpol sehingga potensi konflik sosial dapat terdereksi dan teratasi dengan cepat.

Menangani berbagai masalah-masalah konflik sosial khususnya di wilayah Kabupaten Banjar ini. Badan Kesbangpol membuat suatu aplikasi terkait dalam hal penanganan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat yang selama ini terkendala dalam hal pelaporan kepada Bupati ketika ada potensi konflik ataupun berbagai masalah keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan adanya inovasi ini mempermudah pihak-pihak yang terkait dalam penanganan konflik sosial dikarenakan adanya sarana berupa aplikasi yang langsung tertuju pada Bupati Banjar melalui Badan Kesbangpol, serta dari tanggapan beliau dapat langsung ditangani oleh aparat terkait. Selain itu pihak Kecamatan dapat juga melaporkan kegiatan-kegiatan yang ada di Kecamatannya. Maka dari itu,  dilaksanakan Bimbingan Teknis terkait penggunaan aplikasi tersebut kepada petugas di seluruh Kecamatan Kabupaten Banjar.

Source:: KESBANGPOL

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?