Balilatfo Dukung Penuh Program Inovasi Desa di Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik – Badan Penelitian dan pengembangan, Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi (Balilatfo) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Visualisasi Data dan Informasi Mendukung Program Inovasi Desa (PID) di Hotel Novotel Banjarbaru, Selasa (5/11/2019) yang dibuka langsung oleh Sekretaris Balilatfo Jajang Abdulah.
Kegiatan ini dihadiri 30 peserta dari anggota Perangkat Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Dalam paparannya, Jajang Abdullah mengatakan Pemerintah Pusat memiliki keinginan kuat untuk memajukan desa-desa di seluruh Indonesia. Hal itu juga merupakan langkah utama membangun bangsa. Pemerintah meluncurkan program dana desa yang selama hampir lima tahun ini telah terkucur sebanyak Rp 257 triliun dan telah dibagikan ke 74.957 desa di seluruh Indonesia.

“Guna mengoptimalisasikan pemakaian dana desa, kembali pemerintah lewat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggulirkan Program Inovasi Desa (PID). Program ini telah dilaksanakan sejak 2017 di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD),” tuturnya.

Dia juga menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan program Inovasi Desa ini.
“Program ini hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa. Dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa, diharapkan mampu memantik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, PID memiliki anggaran tersendiri yang dananya berasal dari pemerintah. Pada 2017 anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 347,37 miliar membiayai PID di 434 kabupaten, 6.445 kecamatan dan di 74.754 desa. Di 2018 menjadi sebesar Rp 409,99 miliar membiayai PID di 434 kabupaten, 6.447 kecamatan dan di 74.910 desa. Tahun ini dana untuk program PID sebesar Rp 353,88 miliar untuk pembiayaan PID di 434 kabupaten 6.484 kecamatan, dan di 74.957 desa. (MC Kominfo Kab. Banjar/PMD/Risqon/Mey)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?