BANJAR BERKOMITMEN JADI KABUPATEN CERDAS

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bupati Banjar H Khalilurrahman didamping Sekda serta sejumlah pejabat Kabupaten Banjar lainnya ikuti assesment smart city di Gedung Pusat TIK Nasional, Tangerang

TANGERANG– Pemerintah Kabupaten Banjar mengikuti Penilaian (Assesment) dalam rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 Kamis (21/2/2019) di Gedung Pusat TIK Nasional, Tangerang.

Assessment smart city adalah suatu penilaian kabupaten/kota yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berdasarkan indikator-indikator yang sudah ditetapkan dengan mengimplementasikan digital government didaerah dengan tujuan untuk membuat pelayanan publik menjadi lebih mudah, murah dan cepat.

Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program Kementrian Kominfo bekerjasama dengan Kemendagri, Kemenkeu, Kementrian PPN/Bappenas, Kementrian PUPR, Kementrian PAN & RB dan Kantor Staf Presiden yang ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam ekosistem Smart City.

Gerakan dimaksud diselenggarakan secara bertahap dan diharapkan pada Tahun 2019 ada 100 (seratus) Kota/Kabupaten yang dapat dijadikan teladan (role model) dalam mengimplementasikan Program Smart City.

Adapun asesor dalam program ini adalah dari Universitas Indonesia, BPPT, Kemkominfo dan Kementrian PUPR dengan aspek yang dinilai antara lain aspek komitmen, kebijakan,visi pembangunan daerah, anggaran, infrastruktur TIK, integrasi aplikasi dan keamanan informasi.

Panitia mengundang 165 Kota/Kabupaten sementara yang mengikuti assesment ada 107 Kota/ Kabupaten salah satunya Kabupaten Banjar yang dipimpin langsung oleh Bupati Banjar Khalilurrahman didampingi tim Kota Cerdas diantaranya Sekda Banjar Nasrunsyah. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian HM Farid Soufian, Kepala Bappelitbang Galuh Tantri Narindra, Kepala Dinas Kesehatan Ikhwansyah, Direktur RSUD Ratu Zakecha, Kepala BPKAD Achmad Zulyadaini, Kepala Disdukcapil Azwar, Sekretaris Dinas PMPTSP Yudhi Andrea dan sejumlah pejabat lainnya.

“Kita telah menyampaikan program Smart City yang sedang kita bangun kepada tim penilai. Semoga saja, kita terpilih sebagai salah satu daerah dari Gerakan 100 Smart City,” jelas Bupati Khalilurrahman.

Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian turut menambahkan bahwa bagi daerah yang terpilih nantinya akan mendapatkan pendampingan dalam menyusun msterplan smart city Kaupaten Banjar dari Kementerian Kominfo RI dan kementerian terkait.

“Masterplan sebagai petunjuk untuk mewujudkan kabupaten smart city yang sejahtera dan barokah, serta menjadikan smart city sebagai solusi untuk merealisasikan visi dan misi Bupati Banjar,” jelasnya diiyakan Kabid Pengembangan E-Government Cornelius Kristianto.

Kota Cerdas lanjut dia, bukan hanya berkaitan dengan teknologi informasi tetapi bisa juga kearifan lokal untuk menyelesaikan permasalahan di daerah secara cerdas.

Ditambahkan Kepala Bappelitbang Galuh Tantri Narindra, bahwa Bappelitbang ikut mengawal agar Kota Cerdas Kabupaten Banjar segera terwujud, dengan dukungan anggaran dalam program dan kegiatan. (ADB/MC. Banjar)

Source:: BAPPEDA

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...