Banjar Dorong Kaum Perempuan Kembangkan Industri Rumahan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) mendorong kaum perempuan, untuk bisa mengembangkan industri rumahan.
Kaum perempuan diharapkan memiliki daya saing serta bisa lebih mandiri dengan mengelola industri skala rumah tangga.
Guna mencapai tujuan tersebut, DP2KBP3A Kabupaten Banjar menggelar Rapat Pendataan Kelompok Ekonomi Perempuan di Aula Kantor DP2KBP3A Kabupaten Banjar, di Martapura, Senin (28/1).
Kegiatan ini dihadiri 50 peserta dari enam kecamatan di Kabupaten Banjar, mereka merupakan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Non PNS, Organisasi Wanita, PKK Kecamatan dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat di kecamatan.
Kegiatan diisi dengan diskusi bersama seputar Program Pengembangan Industri Rumahan yang diharapkan dapat memberi nilai tambah, untuk peningkatan keterampilan atau kemampuan perempuan dan ketahanan ekonomi masyarakat.
“Adapun sasaran pengembangan Industri Rumahan ini adalah para perempuan agar bisa meningkatkan kemampuan diri mereka serta memberi banyak peluang usaha produkstif,” jelas Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP2KBP3A Rusydah.
Industri rumahan adalah suatu industri skala mikro dan umumnya memanfaatkan atau menghasilkan produk berupa barang jadi, yang memberikan nilai tambah yang dikerjakan di rumah, secara khusus atau pun sebagai kerja paruh waktu.
Dia mengatakan, peningkatkan industri rumahan juga dipicu oleh kebutuhan lapangan kerja dan penghasilan yang akan mengurangi resiko perempuan untuk masuk pada pekerjaan-pekerjaan yang berbahaya, seperti pekerja migran tanpa persiapan yang cukup.
“Industri rumahan ini merupakan suatu sistem produksi. Berarti ada produk yang dihasilkan melalui proses nilai tambah dari bahan baku tertentu, yang dilakukan di rumah perorangan atau bukan di suatu pabrik,” imbuh dia.
Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini bisa menjadi sebuah motivasi dan peningkatan kemampuan dan pengetahuan bagi para perempuan untuk bisa bersaing dan mandiri dengan kemampuannya sendiri. (MC.Banjar/Briefda-Rahman/Dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...