Banjar Gelar Festival Kreativitas Anak Usia Dini

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, di Jalan Indrasari Martapura meriah dengan aktivitas anak-anak PAUD, dan bertambah semarak karena didampingi orang tua masing-masing.
Mereka mengikuti Festival Kreativitas Anak Usia Dini yang kali ini mengangkat tema Melalu Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Buku), Kita Tumbuhkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (29/8/2019).
Festival yang dipusatkan di Kantor Disdik Kabupaten Banjar itu menggelar berbagai kegiatan, ada lomba mewarna gambar dan mendongeng. Berbeda dengan tahun yang lalu, Dinas Pendidikan Banjar tahun ini memadukan dengan Gernas Buku yang gencar disosialisasikan pemerintah melalui Dirjen Diknas PAUD Provinsi Kalsel.
Hadir Nency Octavia Hilman, membacakan sambutan Ketua TP Kabupaten Banjar Raudathul Wardiyah. Dia mengatakan, sangat senang dan mendukung festival dan Gernas Baku ini, sebagai upaya mendukung peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD dan di masyarakat.
Menurut dia, tujuannya untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini.
“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menyukseskan kegiatan Gernas Baku. Sebagai orang tua harus saling mendampingi putra-putrinya, dan mengawasi dalam penggunaan televisi dan handphone android, mohon kerja sama dari semua pihak, terutama wali murid, karena pendidikan anak usia dini untuk generasi penerus bangsa di masa depan,” katanya.
Dia mengharapkan, dengan Pencanangan ini, semua orang tua atau wali murid TK/PAUD di Kabupaten Banjar dapat mendukung dan menyukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku), guna menambah ilmu dan wawasan, meningkatkan kemampuan seseorang dalam menemukan berbagai hal baru dan semakin banyak membaca akan membentuk pribadi yang berilmu dan bijak dalam mengambil keputusan.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Maidi Armansyah mengatakan, Gernas Buku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak.
Berdasarkan hasil survei penilaian kemampuan membaca siswa pada PISA 2015 menunjukkan, Indonesia berada di urutan ke-64 dari 72 negara. Artinya Indonesia masih berada di urutan bawah, sementara tantangan ke depan pada abad 21 ini membutuhkan kecakapan yang salah satunya adalah literasi.
“Gernas Buku ini merupakan bagian dari gerakan literasi nasional untuk menumbuhkan minat baca. Gernas Buku ditujukan untuk anak usia dini yang umumnya belum mampu untuk membaca, dalam rangka mengembangkan kemampuan literasi anak melalui peran orang tua,” katanya.
Maidi menjelaskan bahwa orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak, karena dengan membacakan buku akan menimbulkan ketertarikan anak untuk belajar dan berusaha untuk membaca.
“Membacakan buku merupakan salah satu kebutuhan dalam pengasuhan anak, karena banyak orang-orang sukses dimulai dengan kecintaannya membaca,” imbuh Maidi.
Kepada para pendidik PAUD, dia mengajak untuk bersama-sama menyuarakan pentingnya orang tua membacakan buku bagi anak-anak. Langkah ini sebagai langkah konstruktif untuk menumbuhkan kreativitas anak dan diharapkan untuk terus selalu berlanjut.
Festival Kreativitas Anak Usia Dini 2019 dibuka oleh istri Sekda Banjar, Octavia Hilman mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudathul Wardiyah. Diikuti sekitar 200 anak dan mendapatkan souvenir hadiah dari Dinas Pendidikan Banjar yang akan diserahkan oleh Bunda PAUD tersebut, juga bingkisan buku dari Bank Mandiri. (MC-Kominfo-Kab Banjar/Crew MC Banjar/Dsy).

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...