Belasan Warga Murung Kenanga dilatih Teknologi Budidaya Jamur Tiram

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Potensi kekayaan sumber daya alam harus bisa digali lebih dalam, supaya memberikan manfaat maksimal bagi kehidupan masyarakat. Terlebih, beragam potensi tumbuh-tumbuhan yang sesungguhnya memberikan manfaat positif. Satu diantaranya adalah tumbuhan jamur tiram.

Belasan warga Desa Murung Kenanga Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar dilatih budidaya jamur tiram diKaontor Desa Murung Kenanga Selasa (02/07). Jumlah peserta yang hadir pada kegiatan tersebut sebanyak 15 orang dan 99% diantaranya adalah petani. Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari CV. Banjar Jaya Mushroom Kalimantan Selatan yakni Muhammad Hafiz Ansari, S.P, beliau merupakan salah satu pengusaha Jamur yang ada di Banjarbaru.  Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan pelatihan penerapan teknologi pertanian modern bercocok tanam Program Peningkatan Produksi Pertanian ujar Rita Zahara, SE selaku Kasi Pengkajian dan Penerapan Teknologi Ketika dikonfirmasi sebelum pelaksanaan pelatihan.

Acara pelatihah Teknologi budidaya jamur dibuka oleh Kabid Teknologi Pertanian Pengolahan dan pemasaran Ir. Hj. Candra Dewi. Dalam sambutannya beliau mengatakan tujuan dari pelatihan ini merupakan upaya Pengembangan Diversifikasi Tanaman Hortikultura. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar akan mengembangkan Komoditas Jamur Tiram karena Budidaya jamur merupakan salah satu potensi bisnis yang sangat menjanjikan jika dikembangkan di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Di Kabupaten Banjar sendiri. Sejak pertengahan Juni 2007 telah mencoba mengembangkan Budidaya Jamur terutama Jamur Tiram, setelah dilakukan percobaan jamur tiram dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Wilayah Kabupaten Banjar, ujar Candra.

Ketika dikonfirmasi ditempat yang berbeda Kepala Dinas TPH Kab. Banjar Ir. H. Muhammad Fachry, MP menginformasi  bahwa pelatihan budidaya jamur tiram ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan petani dalam mengadopsi paket teknologi. Budidaya jamur tiram memiliki prospek usaha yang menjanjikan, bernilai ekonomi tinggi, target pemasaran luas dan cara pembudidayaan mudah serta dapat dilakukan dalam skala rumah tangga.

Kebutuhan para pembisnis makanan akan jamur tiram yang semakin meningkat membuat potensi bisnis jamur tiram sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Peluang usaha bisnis jamur tiram juga bisa dijalankan oleh siapa saja bahkan sebagai pebisnis yang masih pemula, jelas Fachry.

Mahfudz selaku Kepala Desa Murung kenanga mengucapkan terima kasih kepada Dinas TPH Kab. Banjar atas pelatihan yang diberikan ke warga kami, semoga warga kami dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama pelatihan ini, dan saya pribadi berharap tersebarnya teknologi pertanian kepada masyarakat lainnya. (Rita/Nove)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...