Berbahaya, Menutupi Lampu utama dan Lampu Petunjuk dengan Skotlet pada Kendaraan Bermotor

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID – Lampu utama dan lampu petunjuk kendaraan muatan banyak yang dipasangi skotlet. Hal itu membuat petugas tidak meloloskan uji kir di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar.

Kepala UPT. Pengujian Kendaraan Bermotor melalui petugas penguji kendaraan Bermotor Zuhdiannoor mengatakan, hampir setiap hari menemukan pelanggaran tersebut. Padahal, pihaknya sudah tidak meloloskan uji kir bila menemukan itu.

Zuhdi menjelaskan, setiap hari ada saja kendaraan yang uji kir. Sebagian besar lampu utama dan lampu penunjuk arah diskotlet. Sehingga mengurangi cahaya dari lampu tersebut. Selain itu, lampu kendaraan diberi stiker.

“Padahal kalau ditutup intensitas cahaya yang dikeluarkan pada lampu utama berkurang. Selain itu, ada yang diberi skotlet. Padahal, mengurangi daya pancar lampu,” tegasnya.

Petugas mengambil langkah tegas dengan menyuruh mencopot satu per satu stiker maupun skotlet tersebut. Selain lampu utama, lampu tanda batas pada truk muatan banyak yang kurang menonjol sehingga hanya pelengkap.

“Lampu kendaraan harus sesuai pabrik. Tidak boleh diganti atau ditambahkan lagi. Apalagi memakai lampu strobo kilat. Sehingga ada penyimpangan dan tidak sesuai peruntukkan lampu. Bahkan membahayakan kendaraan lawan,” tegasnya.

Menurutnya, armada tersebut mereka harus melakukan uji ulang. “Mereka diberi waktu. Jika ingin diselesaikan hari ini atau diberikan waktu sampai enam hari ke depan. Mereka melakukan ujian ulang tanpa dikenai denda,” jelasnya.

Selain itu, menemukan handrem yang tidak berfungsi hingga tidak ada. Padahal, sangat penting bila melewati tanjakan. Biasanya kendaraan tua, namun setelah dilakukan penekanan ke pengemudi yang hendak uji kir 80 persen sudah memperbaiki lebih dulu,” ungkapnya.

“Setiap tahun jumlah semakin bertambah karena ada pemilik kendaraan baru. Namun, masih jauh dari target karena masih banyak pengemudi yang jauh dari kota malas uji kir ini,” keluhnya.

Salah satu pengemudi yang uji kir mengungkapkan, memberikan skotlet pada lampu utamanya karena variasi. Dia ingin terlihat beda dari umumnya. Namun, dia akan segera melepas skotlet tersebut.

Source:: DISHUB

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X