BPKAD ADAKAN BIMTEK SI PETAH DAN E-MONEV UNTUK PERMUDAH PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN BANJAR

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Staf Ahli Bupati Banjar bidang Kemasyarakatan SDM H Masruri yang mewakili Bupati Banjar H Khalilirrahman buka bimbingan teknis (Bimtek) Pembinaan Penatausahaan Keuangan SKPD dalam rangka percepatan Realisasi Belanja Langsung Melalui sistem aplikasi E-Monev dan Si-Petah pemerintah kabupaten banjar 2018 yang di gelar oleh BPKAD Kabupaten Banjar, Senin (19/11), di Aula BPKAD Kabupaten Banjar.
Kepada 150 peserta Bimtek yang hadir, H Masruri membacakan Sambutan Bupati Banjar menyampaikan Keuangan daerah merupakan semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dapat dinilai dengan uang termasuk didalamnya segala bentuk kekayaan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban daerah. Ruang lingkup pengelolaan keuangan daerah mencakup keseluruhan kegiatan pengelolaan keuangan daerah, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, pertanggungjawaban, pengawasan keuangan daerah dan tidak ketinggalan penatausahaan keuangan.
“Penatausahaan keuangan sebagai bagian dari pengelolaan keuangan daerah memegang peranan penting dalam proses pengelolaan keuangan daerah secara keseluruhan. Sehingga, saya mengharapkan kualitas sumber daya manusia harus terus ditingkatkan, agar pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah dapat berjalan dengan lebih baik khususnya di Kabupaten Banjar”, lanjutnya.
Masruri berharap melalui pelaksanaan Bimtek ini para peserta Bimtek agar benar-benar wajib memperhatikan dan mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh narasumber, dan menggali informasi lebih dalam serta dapat berperan aktif untuk melakukan diskusi dalam setiap pemecahan masalah yang dihadapi dalam percepatan reasliasi belanja langsung khususnya melalui sistem informasi pencairan cepat, akurat dan handal (SIPETAH) berbasis Web-Android dan Aplikasi E-Monev.
Ketua Panitia Pelaksana bimbingan teknis (Bimtek) Pembinaan Penatausahaan Keuangan SKPD dalam rangka percepatan Realisasi Belanja Langsung Melalui sistem aplikasi E-Monev dan Si-Petah pemerintah kabupaten banjar 2018 Kabid Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Banjar Abdullah Fahtar menjelaskan latar belakang kegiatan Bimtek ini dilaksanakan karena kemajuan realisasi keuangan dan fisik anggaran belanja pada kenyataannya tidak sesuai dengan rencana ,selalu terjadi penumpukan pencairan anggaran belanja di akhir tahun . hal tersebut sudah menjadi pola belanja para pengguna anggaran dan belum ada perubahan serta sudah menjadi masalah klasik sehingga mengurangi efektifitas belanja pemerintah sebagai motor pertumbuhan daerah Kabupaten Banjar.
Kemudian Narasumber bimbingan teknis (Bimtek) Pembinaan Penatausahaan Keuangan SKPD dalam rangka percepatan Realisasi Belanja Langsung Melalui sistem aplikasi E-Monev dan Si-Petah pemerintah kabupaten banjar 2018 Fitria Sahreza menginformasikan Aplikasi Sistem Informasi Pencairan Cepat ,Akurat dan Handal ( Si- Petah ) dan E- Monev dapat di akses melalui android serta melalui alamat website http://sipetah.banjarkab.go.id dan http://emonev.banjarkab.go.id.
“Sistem Informasi Pencairan Cepat ,Akurat dan Handal ( Si- Petah ) dan E- Monev sendiri memiliki manfaat yang sangat besar bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar karena dapat memantau langsung realisasi anggaran belanja keuangan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar secara real time, yang sebelumnya hal tersebut tidak dapat dilakukan . tampilan berupa grafik dan angka yang sangat memudahkan dalam memonitor serta mengevaluasi apakah realisasi tersebut sudah dengan yang direncanakan ” Ungkap Fitria Sahreza . ( Inas /Ronie )

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...