Bupati Banjar : Koperasi Sebagai Pilar Ekonomi Kerakyaatan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Hari Koperasi Nasional ke-72 tahun 2019 di Kabupaten Banjar digelar dengan berbagai kegiatan
Diantaranya aksi sosial donor darah dan acara Ramah Tamah dengan Bupati Banjar dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Banjar, Gerakan Koperasi Banjar di Aula Mahligai Sulatan Adam, Martapura, Selasa (23/7/2019).
Nampak hadir pada acara ramah tersebut, Bupati Banjar H Khalilurrahman, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Selatan Gustafa Yandi, Wakil Bupati Banjar Periode 2000-2005 Mawardi Abbas, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banjar Made Teruna, Ketua Dekopinda Banjar Nahruddin.
Koperasi merupakan pilar ekonomi kerakyatan yang berperan penting bagi perekonomian bangsa sesuai dengan amanat Undang-undang No 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.
Di tengah persaingan ekonomi industri, dan era serba digital keberadaan koperasi masih tetap eksis berdiri dan berperan dalam menghadapi tantangan ekonomi masyarakat Indonesia.
“Oleh karena itu, koperasi harus memiliki kesiapan dan sumber daya handal, serta tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian,” ungkap Bupati Banjar dalam sambutannya.
Hari Koperasi Nasional ke-72 tahun 2019 dengan tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0 Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi, untuk menata organisasi dan strategi bisnis koperasi tersebut.
“Sudah saatnya koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan Flatform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya,” ujar Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar.
Ia juga menyampaikan koperasi sebagai pilar ekonomi kerakyaatan, berharap koperasi di Kabupaten Banjar yang saat ini ada 244 koperasi, Guru Khalil mengungkapkan sebanyak 157 koperasi yang aktif dijalankan oleh pengurusnya, akan tetapi ada 87 koperasi yang tidak aktif.
Akibat kurangnya kemampuan manajemen dan keuangan yang dilaksanakan pengurusnya sehingga tidak berjalan lagi.
“Dan ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita bersama untuk membenahi koperasi di Kabupaten Banjar, sebagai kekuatan bersama untuk memajukan pemerataan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banjar,” katanya.
Bupati Banjar menyampaikan kepada pengurus dan anggota agar menjadi pengurus dan anggota yang jujur, agar koperasi tumbuh subur.
Bupati Banjar pada kesempatan tersebut juga menyerahkan dana hibah dan pembiayaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk sejumlah koperasi di Kabupaten Banjar. (MC-Kominfo-Kab. Banjar/Prs/Dessy/toeb)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...