BUPATI BANJAR RAYAKAN SYUKURAN PANEN PADI DI DESA GUNTUNG UJUNG KEC. GAMBUT

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bupati Banjar H. Khalilurahman berasama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura melaksanakan syukuran panen padi di Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut Selasa (30/7). Pada Acara tersebut juga hadir , Perwakilan Dinas TPH Prov.Kalsel, Kepala BPTPH Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan BPSB Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Dandim, Perwakilan Kementerian Pertanian,  Perwakilan Kejaksaan Negeri, Camat Gambut dan pembakal Desa Guntung Ujung.

Kepala Dinas TPH Kab.banjar Ir. H. Muhammad Fachry, MP menyebutkan ada sekitar 7.765 ha sawah yang ditanami padi di kecamatan Gambut. Varietas yang ditanam diantaranya adalah varietas mayang, mutiara, siam, dll. Untuk desa guntung ujung sendiri luas tanam  padi sawah sebesar 400 ha, dan varietas yang ditanam adalah varietas mayang.

Sutini salah satu petani menjelaskan panen ini merupakan panen kedua pada tahun ini. Sebelumnya varietas yang ditanam adalah jenis IR, dan yang kedua ditanam varietas mayang. Dia jua mengatakan bahwa panen yang kedua hasilnya lebih banyak atau meningkat dibanding hasil panen yang sebelumnya.

Sektor pertanian masih menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Banjar.. Sampai saat ini pertanian masih memberikan sumbangan terbesar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dibandingkan Sektor lainnya. Dalam sambutannya Bupati Banjar H. Khalilurahman mengatakan bahwa Sektor Pertanian  masih merupakan tumpuan hidup sebagian besar masyarakat kab. Banjar, dimana sekitar 2/3 penduduk menggantungkan usaha ekonomi keluarganya dari sektor pertanian. Sehingga perlu mendapat perhatian besar dan terus dikembangkan.

Selain melaksanakan syukuran panen, Bupati Banjar juga melakukan penandatanganan MoU beras kemasan dan Pengukuhan Kelompok Tani.

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...