BUPATI BANJAR TANAM PADI DAN BAWANG MERAH DI DESA PEJAMBUAN

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bupati KH Khalilurrahman menghadiri Tanam Padi ”BANJAR SAPA” dan Bawang Merah, dari Kelompok Tani Bina Guna sekaligus Pengukuhan Kelompok Tani di Desa Pejambuan Kecamatan Sungai Tabuk, Selasa (30/10). Turut hadir Ketua PKK Banjar Hj Raudathul Wardiyah, Wakil Ketua DPRD Banjar M Iqbal Khalilurrahman, Camat Sungai Tabuk, Dinas TPH Provinsi Kalsel, BPSB, BPP, Penyuluh Pertanian, KTNA.
Kelompok tani Sungai Tabuk yang dikukuhkan Bupati Khalilurrahman, yakni Kelompok Tani Kelas Pemula sebanyak 148, Kelompok Tani Kelas Lanjut sebanyak 68 dan Kelompok Tani Kelas Madya 1 kelompok.
Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kegiatan ini mempunyai arti dan nilai sangat penting dalam upaya Pemkab Banjar meningkatkan produksi hasil pertanian, yakni melalui peningkatan indeks pertanaman (IP), dari satu kali tanam menjadi dua kali tanam dalam setahun.
”Semoga momentum ini memberikan andil besar dalam mewujudkan Indonesia menuju Lumbung Pangan Dunia 2045. Dan secara khusus saya selaku Bupati sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini guna tetap mempertahankan Kabupaten Banjar sebagai lumbung pangan di Kalsel dengan slogan ”KINDAI LIMPUAR” tandasnya.

Guru Khalili sapaan Bupati Banjar, juga bersyukur karena Banjar kembali melakukan tanam bawang merah di Desa Pejambuan. Ini salah satu kegiatan Diversifikasi Pertanian yang bertujuan menghindari ketergantungan pada salah satu hasil pertanian.
Bawang merah merupakan tanaman yang baru dikembangkan di wilayah Kabupaten Banjar. Menurutnya, ini sangat bagus sebagai peluang yang harus ditangkap para petani untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya. Kita tahu bawang merah merupakan komoditas strategis yang berpengaruh terhadap inflasi.
”Saya berpesan kepada kelompok tani yang baru dikukuhkan agar betul-betul menjalankan fungsinya, kalau bisa rangkul generasi muda di wilayah ini agar sektor pertanian kita tidak mengalami krisis regenerasi” pungkasnya.

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X