Bupati Banjar Terima Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat

Martapura, InfoPublik – Komitmen Kabupaten Banjar sejak tahun 2017 menyelenggarakan program Kabupaten/Kota Sehat (KKS), sejalan dengan salah satu misi Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur yakni meningkatkan kualitas kesehatan kini diapresiaisi oleh Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian Kesehatan.
Sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor: 34 Tahun 2005 ; Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat. Kabupaten Banjar berhasil meraih anugerah penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dengan predikat Swasti Saba Padapa.
Anugerah penghargaan tersebut diserahkan oleh Menkes Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Wali kota, serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.
Salah satunya penghargaan tersebut diterima Bupati Banjar H Khalilurrahman yang mengenakan pakaian adat Banjar berwarna putih lengkap dengan peci hijau di ruang Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019) pagi.
Tampak hadir mendampingi Bupati Banjar dalam acara ini Kepala Bappelitbang Dr. Hj. Galuh Tantri Narindra, Kepala Dinkes Ikhwansyah, Kadisdik Maidi Armansyah, dan Kadiskominfo Statistik dan Persandian Kab. Banjar Dr. Farid Soufian.
Menkes dalam sambutannya berharap agar momentum pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.
Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan penghargaan KKS ini merupakan apresiasi Pemerintah Pusat kepada daerah yang menyelenggarakan Kabupaten maupun Kota yang sehat.
“Baik dari kebersihannya, kenyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.
Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar juga menyampikan melalui penghargaan yang telah diterima tersebut, yakni dengan predikat KKS Swasti Saba Padapa dapat memacu masyarakat hidup lebih sehat.
“Semoga melalui penghargaan ini, memacu kita dan masyarakat Kabupaten Banjar agar hidup lebih sehat, dengan ditandai meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sehingga kita dapat meraih anugrah penghargaan yang lebih baik lagi,” katanya.
Ditemui usai acara, Hj. Galuh Tantri Narindra, pun turut gembira, kerja keras Forum Kabupaten Banjar Sehat binaan Bapelitbang Kab. Banjar ini diapresiasi pemerintah pusat dengan penghargaan Swasti Saba Padapa.
Tantri pun bertekad, Kabupaten Banjar Sehat ini akan terus dilaksanakan berkelanjutan dan terus menerus bersama dukungan semua stake holder terkait. (MC Kominfo Kab. Banjar/Arie/Welson/Frs/ toeb)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?