BUPATI BANJAR : TUAN GURU H ZAINAL ILMI ADALAH SALAH SATU PEJUANG DAERAH KITA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Banjar khususnya Martapura melakukan Kirab Merah Putih yang dimulai dari rumah Almarhum Tuan Guru H Zainal. Hal ini dikatakannya saat mengahadiri Haul ke 41 Tuan Guru Zainal Ilmi bin H Abdussamad di Desa Dalam Pagar Ulu Kecamatan Martapura Timur, Sabtu (6/8), Kabupaten Banjar.
“Ulun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Banjar khususnya Martapura, melaksanakan Kirab Merah Putih yang nantinya akan kita mulai dari rumah Tuan Guru H Zainal Ilmi”, kata Bupati Banjar.
Guru Khalil dalam sambutan singkatnya menjelaskan, hal tersebut dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada Tuan Guru H Zainal Ilmi yang semasa hidupnya turut berperan aktif dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan di Kota Serambi Mekkah Martapura.
“Menjelang hari Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kabupaten Banjar seyogyanya kita memberikan penghormatan kepada para pejuang- pejuang kemerdekaan yang rela berkorban untuk bangsa dan negara, termasuk Tuan Guru kita ini”, ungkap H Khalilurrahman.
Selain sebagai Tuan Guru, H Zainal Ilmi Al Banjari di masa hidupnya juga pernah diangkat sebagai penasehat badan pemulihan keamanan daerah Kabupaten Banjar sekitar Tahun 1956, ketika terjadi pemberontakan Ibnu Hajar. Setiap Jum’at, Beliau memberikan ceramah kepada masyarakat yang terpengaruh dengan adanya pemberontakan tersebut.
Beliau sendiri dalam riwayat merupakan zuriat dari Tuan Guru Syech Muhammad Arsyad Al Banjari dimana Ayahnya yang bernama H. Abdussamad bin H. Muhammad Said Wali, merupakan keturunan keempat Syech Muhammad Arsyad Al Banjari atau lebih dikenal dengan nama Datu Kalampayan.
Dalam kesehariannya, Tuan Guru Zainal Ilmi Al Banjari memilki jiwa sosial yang sangat tinggi, hal ini terlihat bahwasanya Beliau suka menyantuni para faqir miskin dan janda-janda tua.
Saat rangkaian haul itu sendiri, dihadiri ratusan para jamaah yang terdiri dari Tokoh ulama, Tokoh Masyarakat, Habib, dan beberapa pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar. (Reza)

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X