Bupati Ingin Pertanian Lahan Kering Direalisasikan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H Khalilurrahman mengininginkan pengembangan pertanian pada lahan kering di Kecamatan Pengaron di tahun 2019 segera terealisasi.
Hal ini dikatakannya, saat melakukan safari Ramadan dan buka puasa bersama warga di Masjid An-Nur di Desa Kertak Empat Kecamatan Pengaron, Jum’at (17/5/2019).
Mengawali sambutannya Bupati Banjar H Khalilurrahman berpantun “Makan Semangka Wan Kasturi, Jangan Di Makan Saban Hari, Kami Datang Bersafari , Untuk Menjali Silaturrahmi”.
Selanjutnya Guru Khalil, sapaan akrab Bupati Banjar, mengatakan, Alhamdulillah tahun ini kita kembali dapat berkumpul, guna melakukan Safari Ramadhan 1440 Hijriyah untuk kesekian kalinya.
“Dan pada kesempatan ini kita berada di Desa Kertak Empat Kecamatan Pengaron,” ujar Guru Khalil
Ia juga menjelaskan di Kecamatan Pengaron tahun 2019 ini, sudah diprogramkan beberapa kegiatan pembangunan antara lain Pembangunan Prasarana Belajar SMP, Pengadaan Peningkatan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Puskesmas.
Serta, Rehabilitasi atau Pemeliharaan Jalan Poros Desa di Desa Lumpangi dan Antaraku di Kecamatan Pengaron, dan Peningkatan Ketahanan Pangan melalui kegiatan Pengembangan Pertanian Pada Lahan Kering.
Guru Khalil menambahkan dalam upaya meningkatkan dan membangun sektor perkebunan dan peternakan, saat ini juga Pemerintah Kabupaten Banjar juga telah melaksanakan pengembangan tanaman kopi seluas 24 Hektare di Desa Lobang Baru dan Desa Atiim.
Selain, juga pembangunan irigasi perpompaan di Desa Penyiuran untuk mendukung kegiatan peternakan.
Dia juga berharap agar irigasi perpompaan ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kelangsungan penyiraman kebun rumput pakan ternak serta menunjang kegiatan pertanian lainnya.
“Dan untuk pengembangan kopi, saya mengharapkan agar Kecamatan Pengaron, dapat menunjukkan kembali potensinya, dimana dahulunya dan sampai sekarang terkenal dengan kopi Pengaron,” katanya.
Bupati Banjar mengimbau kepada seluruh Pembakal, agar dana desa tahun 2019 dilaksanakan tepat sasaran dan penggunaannya sesuai dengan aturan yang berlaku.
Untuk itu, Guru Khalil meminta kepada para pembakal agar bijak dan berhati-hati dalam mengelola dana desa agar tidak terjadi permasalahan.
Dan ia juga meminta, agar mengalokasikan dana desa untuk pengembangan perpustakaan, (bangun gedung atau beli buku).
“Dengan itu, Insya Allah, masyarakat akan gemar membaca dan menulis, supaya terbebas dari buta aksara dan ketinggalan arus informasi, serta ilmu pengetahuan,” tegas Guru Khalil
Bupati Banjar H Khalilurrahman inginkan seluruh masyarakat agar mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan.
Segera periksa kembali dokumen kependudukan bapak/ibu, Jika ada yang tidak sesuai atau keliru, segera lapor, perbaiki dan perbaharui melalui Disdukcapil Kabupaten Banjar.
Selanjutnya ia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjar telah menghapuskan denda bagi pelaporan yang telah melampaui batas waktu.
Serta, memberikan pelayanan Jemput Bola dan pelayanan perekaman E-KTP mendatangi langsung kedaerah yang jauh dari kabupaten, dan Inovasi pengurusan akta kelahiran di Disdukcapil dalam sehari bisa terbit.
Pada safari Ramadan di Kecamatan Pengaron ini Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, didampingi Ketua TP PKK Kab.Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua I TP PKK Kab.Banjar Hj Nur Gita Tyas, Forkompimda, Asisten Bupati, Kepala SKPD Banjar, Camat, Pambakal, Penceramah KH Fadlan Ansyari dan tokoh masyarakat.

Bupati Banjar didampingi Wakil Bupati Banjar menyerahkan bantuan untuk Masjid An-Nur Desa Kertak Empat Kecamatan Pengaron sebesar Rp25.000.000 yang diterima oleh pengurus masjid. (MC Kominfo Kab.Banjar/Prs/Man)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...