BURDAH KELILING MERIAHKAN 1 MUHARAM DI MARTAPURA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Warga Martapura Kabupaten Banjar dan sekitarnya mengisi malam Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H dengan menggelar tradisi pembacaan Burdah. Gelaran ini diawali dan dilepas langasung oleh Bupati Banjar KH Khalillurahman di Mahligai Sultan Adam Martapura,yang nantinya pawai akan berjut mengelilingi kota Martapura(10/09).
Pawai ta’aruf tahun baru Islam di kota martapura berjalan dengan meriah hingga menjadi tontonan menarik bagi masyarakat martapura.Sejumlah Santri dan pelajar lingkup Martapura pun tidak ketinggalan untuk ramaikan Pawai. Bahkan banyak juga masyarakat setelah melihat pawai,ikut juga menggiring seraya membaca Burdah.
Setelah kembali ke Maligai Sultan Adam,burdah keliling yang diketuai oleh H Muhammad Iqbal kembali disambut oleh Bupati Banjar.Para warga kembali dimerihakan dengan satu buah pertanyaan oleh KH Khalillurahman tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Madinah,tidak tanggung-tanggung pertanyaan ini berhadiahkan satu ekor kambing.
Hingga pada akhirnya warga karang putih Martapura lah yang berhasil menjawab pertanyaan,hadiah berupa seekor kambing pun langsung diserahkan oleh Bupati Banjar yang sering disapa Guru Khalil ini.
Dilain kesempatan Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan bahwa pembacaan sholawat Burdah keliling ini adalah tradisi orang-orang zaman dulu, jadi lebih kita hidupkan lagi kegiatan kegiatan keagamaan seperti ini.
“Pembacaan sholawat burdah keliling merupakan salah satu bentuk doa bersama kepada Allah Subhanahu Wata’ala untuk mencegah datangbya bencana dan penyakit serta untuk keselamatan, kedamaian, kesejahteraan bangsa dan negara kita ini.” Ungkap guru Khalil sapaan akrab bupati Banjar. Bupati Banjar juga berharap agar acara seperti ini terus dilaksanakan untuk melestarikan budaya orang zaman dulu.
Ketua Panitia Pelaksana H. Muhammad Iqbal mengucapkan terimakasih banyak atas partisipasi masyarakat yang luar biasa untuk kelancaran acara pada malam hari ini, dan juga kepada kepala dinas yang ikut menyemarakkan acara denga memberikan hadiah uang tunai kepada para peserta jama’ah sholawat Burdah.”

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X