Cegah H5n1 Dan H7n9 Di Pasar Gambut

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MARTAPURA, InfoPublik – Flu burung adalah suatu jenis penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia. Dua jenis virus flu burung, yaitu H5N1 dan H7N9, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan dan Perkebunan Hj.Mahdalena memimpin secara langsung bersama-sama staf dokter hewan, paramedis, Penyuluh Pertanian Wilayah BPP Kecamatan Gambut, penyemprotan disinfektan ke pasar-pasar unggas yang ada di Pasar Gambut Kabupaten Banjar, Senin (1/10).
Upaya ini sekaligus mengantisipasi penyebaran virus flu burung H5N1 dan H7N9 dikandang milik pedagang tak luput dari penyemprotan. Penyemprotan ini untuk mencegah Penyakit Penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia. Dua jenis virus flu burung, yaitu H5N1 dan H7N9 mengingat beberapa daerah di Pulau Jawa sudah ditemukan dua jenis virus flu burung.
Kabid Sumberdaya dan Penyuluhan Ir Roosnandi yang ikut serta dalam penyemprotan menegaskan, sampai saat ini kasus penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia belum pernah terjadi di Kabupaten Banjar virus flu burung, H5N1 dan H7N9 juga belum ditemukan di Pasar Gambut.
“Masyarakat dan pedagang ayam buras dan itik mulai resah dengan temuan penyakit yang menyerang unggas itu di daerah lain. Maka dari itu kami lakukan penyemprotan ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat agar tak khawatir dengan isu penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia, penyemprotan ini tidak merugikan pedagang unggas dan menjamin kesehatannya dan sampai saat ini Pasar Gambut masih aman. Penyemprotan disinfektan juga menyasar ke daerah Kecamatan Tatah Makmur untuk mengantisipasi penularan penyakit yang menyerang unggas itu melalui vaksinasi H5N1 DAN H7N9”, ujarnya.
Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Ir Dondit secara terpisah menambahkan, pihaknya juga akan mengawasi lalu lintas pengiriman unggas ke wilayahnya. Karena bukan tak mungkin virus Penyakit influenza yang ditularkan, virus flu burung, yaitu H5N1 dan H7N9 masuk melalui distribusi unggas. Kewajiban Disnakbun untuk memantau penyebaran Penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia.
Disnakbun memantau penyebaran Penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia. Dua jenis virus flu burung, yaitu H5N1 dan H7N9 di wilayahnya. Dihimbau juga kepada masyarakat agar melapor hal-hal yang mencurigakan dan kejanggalan yang dapat menyerang hewan ungags peliharaannya dengan melaporkan ke PPL setempat untuk menjaga wilayah jangan sampai meluas ke daerah lain.
Harapan Dondit agar Penyuluh Pertanian di Wilayah masing-masing secara aktif memantausegala kemungkinan penyebaran dan penularan Flu Burung (MC-Kominfo-Kab.Banjar/dessy).

Source:: Media Center

Source:: DISHUBKOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X