Cegah Rabies, Disnakbun Banjar Tempatkan Dua Vaksinator di Paramasan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Guna mencegah terjadinya penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Banjar, Dinas Peternakan dan Perkebunan menempatkan vaksinator di daerah yang memiliki populasi anjing terbanyak.
Seperti di Kecamatan Paramasan yang memiliki populasi anjing cukup besar, Disnakbun Banjar menempatkan sebanyak dua orang kader vaksinasi.
Menurut Kepala Disnakbun Banjar Dondit Bekti, kedua orang kader vaksinator tersebut telah dilatih tentang bagaimana melakukan vaksinasi kepada anjing. Mereka juga melakukan sosialisasi kepada warga tentang perlunya vaksinasi pada anjing agar tidak menularkan rabies.
“Kita sudah melakukan sosialisasi dan vaksinisasi terhadap anjing dan kucing di sejumlah daerah untuk mencegah penyebaran penyakit rabies,” jelas Dondit, di Disnakbun Banjar di Martapura, Rabu (30/5).
Di Kecamatan Paramasan terangnya, merupakan wilayah yang populasi anjingnya sangat tinggi dibanding dengan kecamatan lain. Di Paramasan lanjut dia, terdapat kurang lebih 700 ekor anjing sehingga perlu perhatian lebih.
“Dari seluruh populasi anjing di Kabupaten Banjar, hampir 80 persen berada di Kecamatan Paramasan, sehingga wilayah ini perlu kita perhatikan secara khusus, dengan menempatkan 2 orang kader vaksinator,” jelasnya.
Sedangkan di daerah perkotaan, Disnakbun Banjar juga telah banyak melakukan eliminasi anjing-anjing liar yang positif terkena rabies. “Kami bersama dengan instansi terkait sudah melakukan eliminasi 17 ekor anjing yang posotof rabies. Rata-rata anjing yang kita eliminasi tersebut merupakan anjing yang tak bertuan,” imbuhnya.
Menurut Dondit, untuk mengenali gejala anjing yang terkena rabies sangatlah sulit, harus diperiksa oleh ahlinya. Makanya dia mengimbau kepada masyarakat yang memelihara anjing, agar mau bekerja sama dengan pihak terkait untuk mencegah menyebar luasnya virus rabies.

“Rabies ini sangat berbahaya, karena bisa menular ke manusia juga, makanya warga yang memiliki hewan peliharaan anjing, agar selalu memperhatikan kondisi anjingnya dengan cara memberikan vaksin ke anjing itu agar terhindar dari virus rabies,”pungkasnya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani

Source:: Media Center

Source:: DISHUBKOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X