Cindai Alus Bakal Punya Puskesmas Sendiri

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Besarnya jumlah penduduk di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, mengharuskan Dinas Kesehatan setempat untuk menambah pusat layanan kesehatan. Salah satunya dengan menambah jumlah puskesmas dari sebelumnya dua menjadi tiga puskesmas.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, penambahan satu puskesmas di Kecamatan Martapura Kota karena jumlah penduduknya sudah hampir 120 ribu jiwa. Tujuan penambahan puskesmas agar kualitas pelayanan terus meningkat yang berdampak pada derajat kesehatan masyarakat, serta melayani dengan sepenuh hati, seperti senyum, sapa, salam dan santun.
“Rasio satu puskesmas kira-kira melayani 30 ribu jiwa dan saat ini puskesmas di Kecamatan Martapura Kota ada dua puskesmas yakni UPT Puskesmas Martapura 1 dan UPT Puskesmas Martapura 2. Jadi nanti kita akan tambah menjadi tiga puskesmas,” jelas Ikhwansyah, usai peresmian bangunan baru Puskesmas Sungai Tabuk 2, Rabu (26/12/2018).
Rencananya lanjut Ikhwansyah, puskesmas yang baru akan dibangun di kawasan Desa Sungai Sipai yang merupakan perbatasan dengan wilayah Kota Banjarbaru.
Dijelaskan, pada 2018 Pemkab Banjar telah melaksanakan pekerjaan fisik puskesmas sebanyak 11 kegiatan, yakni dua puskesmas yang direlokasi, sedangkan lainnya dilakukan rehab berat dan rehab ringan. “Pendanaan bersumber dari APBN dan proses pembangunannya semua didampingi oleh TP4D Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar,” jelas Ikhwansyah.
Bertambahnya jumlah puskesmas, diharapkan kualitas pelayanan bisa terus meningkat apalagi keinginan untuk memiliki puskesmas yang memenuhi standard sudah sejak 30 tahun lalu dan baru pada 2018 ini bisa terwujud.
“Pembangunan puskesmas ini sebagai bentuk nyata dari Bupati Banjar yang mana visi misi menyebutkan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbasis pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan kesejahteraan sosial,” imbuh dia. (mc.kominfo-kab.banjar/man/dani)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X