DEKLARASI BABS DESA SUNGAI ASAM

Bupati banjar H Khalilurrahman hadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di desa Sungai Asam, Karang Intan, Kamis(21/11).

Saat ini terdapat kurang lebih 9000 jamban terapung yang tersebar di bantaran sungai, dari perbatasan Kabupaten Banjar-Tapin dan sampai perbatasan Kabupaten Banjar-Kota Banjarmasin. Dengan adanya jamban-jamban terapung tersebut menunjukkan buruknya kondisi sanitasi di daerah permukiman bantaran sungai. Karena itu Bupati Banjar menyambut baik atas Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan ini. Karena Penghapusan Jamban Apung menjadi salah satu misi dari Bupati Banjar yaitu penghapusan 1000 jamban apung, yang hingga saat ini sudah dilakukan pembongkaran sebanyak 611 unit jamban dan diganti dengan WC individual dan komunal.

“Dengan adanya Deklarasi ini, masyarakat Desa Sungai Asam dapat mewujudkan pembangunan desa yang berwawasan kesehatan, yang mana salah satu wujud nyatanya adalah penyiapan Desa Stop BABS. Semoga kegiatan hari ini dapat dicontoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Banjar”, ucap guru Khalil Sapaan akrab Bupati Banjar.

“Mari kita satukan langkah bersama-sama, menyukseskan kegiatan ini untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang sehat. Pembangunan di bidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah di sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan secara bersama-sama”, ajaknya.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Banjar melakukan pembongkaran Jamban Apung didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, kepala Dinas Kominfo statistik persandian dan Camat Karang Intan bersama masyarakat Desa Sungai Asam.

Source:: HUMAS

Comments
Loading...