Delapan Langkah Dipersiapkan BPSDM Perhubungan Untuk Mendapatkan SDM Perhubungan Yang Profesional di Era Digital

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

DISHUB.BANJARKAB.GO.ID, Bekasi – Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Akademik Tahun 2018 digelar Sekolah Tinggi Transportasi Darat pada hari Senin, (27/08/2018) bertempat di Auditorium Giri suseno Hadihardjono. Dengan jumlah Taruna yang telah selesai melaksanakan studinya yaitu sebanyak 342 Taruna.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ir Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc., hadir dan memberikan sambutan ilmiah di hadapan para wisudawan dan tamu undangan.

Dalam sambutan ilmiahnya, Umi Hayati menyampaikan materi mengenai Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan Darat di Era Teknologi Digital. Dan juga dalam pembentukan SDM Perhubungan yang Profesional dan Handal untuk memenuhi kebutuhan SDM Perhubungan pada era teknologi digital serta memiliki daya saing yang kuat dalam dunia kerja baik pada pasar lokal maupun pasar global.

Kepala BPSDM Perhubungan mengungkapkan bahwa telah mempersiapkan delapan langkah kebijakan dalam pembinaan dan pengembangan kemampuan SDM Perhubungan. Dituturkan delapan langkah tersebut yaitu :

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan pengembangan dan pemanfaatan Big Data pada bidang transportasi melalui pengembangan Sistem Informasi Dan Manajemen SDM Transportasi;
  2. penerapan pembelajaran jarak jauh berbasis elektronik (E-learning);
  3. peningkatan mutu pendidikan seperti peningkatan porsi dana pendidikan, perombakan kurikulum, peningkatan kesejahteraan dosen, pemenuhan alat-alat laboratorium dan perpustakaan, dan kerja sama dengan negara lain secara intensif;
  4. penguasaan bahasa asing khusunya bahasa Inggris.
  5. penguasaan teknologi informasi (TI)
  6. penyempurnaan kurikulum yang mampu mengakomodir tiga literasi baru yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia;
  7. perbaikan perencanaan dan evaluasi tenaga kerja; dan
  8. pemanfaatan pasar kerja di luar negeri.

“Dengan delapan langkah pembinaan dan pengembangan kemampuan SDM perhubungan darat dalam era teknologi digital tersebut, diharapkan SDM perhubungan darat mempunyai daya saing yang kuat dalam dunia kerja baik pada pasar lokal maupun pasar global.” ungkap Hayati

Dalam arahannya tersebut, Kepala BPSDM Perhubungan menjelaskan bahwa pada era teknologi digital sekarang ini yang masuk di dalam Revolusi Industri 4.0, pemanfaatan teknologi Internet menjadi hal yang penting bahkan telah masuk ke dalam aktivitas manusia.

“Pada saat ini hampir semua aktivitas manusia membutuhkan dukungan internet dan dunia digital sebagai alat untuk berinteraksi dan melakukan transaksi.”

“Kita mengenal aktivitas sharing economy, cloud collaborative, smart manufacturing, market place, smart city, on-line health service, e-government, e-education, dan lain-lainnya. Perekonomian dunia menghadapi era yang disebut dengan era revolusi industri 4.0 atau revolusi digital,”

Source:: DISHUB

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X