Desa Malintang Jadi Contoh Bertahannya Budaya Gotong-Royong

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Budaya gotong-royong yang merupakan prilaku dan kearifan lokal terus dipertahankan oleh warga di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Masyarakatnya terkenal ringan tangan dan suka melakukan kegiatan dengan gawi sabumi atau gotong-royong.
Salah satu buktinya bisa dilihat dengan dinobatkannya Desa Malintang, Kecamatan Gambut, sebagai pemenang pada program Bulan Bhakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2019, Tingkat Kabupaten Banjar.
Begitu pula pada kegiatan sinergitas bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) ke XVI yang digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 69 Kabupaten Banjar, Selasa (27/8/2019) di kawasan Kecamatan Gambut, masyarakat Desa Malintang sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan serta bahu-membahu dengan aparatur desa, kecamatan dan kabupaten untuk melakukan kegiatan pembersihan lingkungan.
Kegiatan dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Zainuddin dan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Aspihani. Selain membuka kegiatan, juga diserahkan secara simbolis bantuan sosial kepada masyarakat.
Bulan BBGRM tingkat kabupaten dilaksanakan berdasarkan amanat Permendagri no.42 tentang pedoman penyelenggaraan BBGR. Masyarakat didorong untuk melaksanakan dan membiasakan dalam bergotong-royong diberbagai aspek kehidupan sehingga timbul rasa kebersamaan dan rasa memiliki dengan Desanya Masing-masing.
Diharapkan gotong royong tetap tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa perlu dilestarikan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperkuat integrasi sosial masyarakat didesa serta memperkokoh NKRI.
Aspek penilaian pemanang BBGR meliputi kemasyarakatan, sosial budaya dan agama, ekonomi serta lingkungan. Berdasarkan penilaian BBGRM tahun 2019 Desa Malintang Dinyatakan sebagai pelaksana terbaik I tingkat Kabupaten Banjar tahun 2019 dengan mendapatkan hadiah Rp10 juta dan mendapatkan piagam dari Bupati H Khalilurrahman.

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...