Dinilai Terbaik dalam Pelaksanaan JKN, Dua Puskesmas di Banjar Terima Penghargaan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan memberikan apresiasi kepada dua puskesmas yang dinilai terbaik dalam pelaksanaan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kedua puskesmas tersebut yakni Puskesmas Martapura 1 dan Puskesmas Martapura Barat.
Penghargaan yang ditandatangani oleh Bupati Khalilurrahman tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur kepada Kepala Puskesmas Martapura 1, dr. Siti Normah Megawati dan Kepala Puskesmas Martapura Barat, Pahrifie, SKM, usai apel gabungan lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, Senin (23/7/2018), di halaman Kantor Bupati Banjar, di Martapura.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansah, MKes menjelaskan, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) melakukan kerja sama dengan 24 puskesmas di Kabupaten Banjar. Berdasarkan penilaian, dinyatakan dua puskesmas yang bekerja secara maksimal untuk melakukan program JKN.
“Sebelum melakukan pemilih puskesmas yang mendapatkan penghargaan kita telah melakukan evaluasi terlebih dahulu, dengan begitu kita dapat menentukan puskesmas yang pantas mendapatkannya,” jelas Ikhwansyah.
Dia berharap karena JKN merupakan program nasional jadi semua masyarakat di Kabupaten Banjar harus ikut serta. “Agar masyarakat Kabupaten Banjar benar-benar terlayani jadi kita sebagai pemerintah tidak lagi terbagi dengan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda),” ujarnya.
Kepala Puskemas Martapura 1, dr Hj Siti Normah Magawati mengaku gembira dengan capaian kinerja puskesmas yang dipimpinnya. Dikatakan, bahwa pihaknya semampu mungkin untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat peserta JKN.

Dijelaskan, ada sejumlah penilaian yang mesti diperhatikan oleh puskesmas yang bekerjasama dengan BPJS terkait angka kontak komunikasi, tentang sasio rujukan rawat jalan nonspesialistik, lalu tentang rasio peserta program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) rutin berkunjung ke FKTP, serta Indikator tambahan rasio kunjungan rumah (RKR). (MC-Kominfo-Kab.Banjar/dessy/dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X