DINKES KAB. BANJAR BERKERJASAMA DENGAN GOPTKI BANJAR GENCAR KAMPANYEKAN IMUNISASI MR

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MARTAPURA – Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Banjar, Selasa (11/12) kemarin menggelar pertemuan rutin dengan Kepala TK se-Kabupaten Banjar.

Dalam pertemuan rutin ini, hadir Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar drg Rahimayanti, MPHM. Maya (sapaan akrabnya, red) menyosialisasikan program wajib nasional, salah satunya kampanye imunisasi MR.

Pertemuan rutin yang digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar ini dipimpin langsung oleh Ketua GOPTKI Kabupaten Banjar Hj Budiarti Nasrunsyah. “Alhamdulillah, cucu saya yang sudah imunisasi MR, sekarang sehat. Lincah,” ujar Hj Budiarti.

Diungkapkan drg Maya, vaksin MR sudah dinyatakan mubah (dibolehkan) dipakai dalam imunisasi MR sesuai fatwa MUI Pusat nomor 33 Tahun 2018. Kemudian juga didukung oleh Surat Edaran MUI Kabupaten Banjar nomor: 08/MUI- Kab.Bjr/X/2018.

Sesuai instruksi dan himbauan Bupati Banjar H Khalilurrahman, bahwa cakupan imunisasi MR yang seharusnya dicapai yaitu sekurang-kurangnya 95 persen. Hal ini agar didapatkan kekebalan komunitas yang efektif dalam upaya pencegahan terhadap penyakit measles atau campak dan rubella.

“Penyakit ini sampai saat ini belum ditemukan obatnya, sehingga imunisasi adalah ikhtiar terbaik yang dapat dilakukan saat ini,” pungkasnya.

Maya juga mengingatkan bahwa penyakit ini sangat mudah menular (berpotensi menjadi wabah) dan bahkan dapat menyebabkan kematian. “Bila menulari ibu hamil dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi, yaitu Congenital Rubella Syndrome (CRS),” pungkasnya.

Pada pertemuan rutin kali ini, digelar pula simbolis pemberian imunisasi bagi 13 anak TK. Nantinya, pihak Dinas Kesehatan Banjar akan kembali mengkampanyekan serta melakukan imunisasi MR di Taman Kanak-kanak di Kabupaten Banjar (Radar-Banjar)

Source:: DINKES

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...