Disdukcapil Kabupaten Banjar Luncurkan Aplikasi Pelayanan Online “STAR”

Martapura, InfoPublik – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gisa dengan Pelayanan Daring/Online Menuju Disdukcapil Go Digital di Hotel Tree Park Kertak Hanyar, Rabu, (04/12/19).
Acara sosialisasi dibuka oleh Sekda Banjar H. M. Hilman sekaligus Launching Aplikasi STAR (Sistem Tertib Administrasi Kependudukan Kabupaten Banjar).
Sekda Banjar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Aplikasi STAR tersebut merupakan salah satu program inovasi Disdukcapil Kabupaten Banjar. Aplikasi berbasis android tersebut sudah bisa di unduh di Google Play Store.
“Hari ini ada inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil dalam rangka menuju Disdukcapil Go Digital dengan Launching Aplikasi STAR, harapannya bisa membawa kemudahan, mempercepat pelayanan, administrasi kependudukan kepada masyarakat Kabupaten Banjar,” ungkapnya.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar Azwar mengatakan pencapaian kepemilikan akta kelahiran akan ditingkatkan dan dipercepat dengan layanan digital melalui Aplikasi STAR.
“Kita mengupayakan percepatan kepemilikan khususnya untuk akta kelahiran,” jelasnya

Tujuan utama dari pengembangan Aplikasi STAR ialah pertama, mempermudah masyarakat untuk pengajuan akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, dan akta perceraian. Kedua, mempermudah masyarakan untuk pengajuan surat keterangan pindah dan surat keterangan pindah datang. Ketiga, mempermudah masyarakat untuk pengurusan perubahan data kependudukan. (MC Kominfo Kab. Banjar/Inka)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?