Dishub Kalsel Berikan 250 jaket Keselamatan untuk Juragan Kelotok

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan, menyerahkan 250 jaket keselamatan untuk juragan kelotok di Aranio, Kabupaten Banjar, sebagai upaya meningkatkan keselamatan.
Bantuan tersebut diserahkan Kepala Bidang Pelayaran Dishub Provinsi Kalsel Agung Rahmadi, kepada Bupati Banjar Khalilurrahman seusai apel gabungan SKPD lingkup Kabupaten Banjar dalam rangka Hari Kesadaran Nasional, di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Senin (17/12).
Disebutkan, Kabupaten Banjar merupakan salah satu destinasi wisata air, seperti yang ada di Kecamatan Aranio yang memiliki banyak tempat wisata dengan pemanandangan alam bukit dan waduk yang terhampar luas, dan didominasi wisata yang berhubungan dengan sungai dan arus.
Di lokasi ini terdapat objek wisata Bukit Batas Desa Tiwinganbaru Kecamatan Aranio, untuk menempuh lokasi harus menaiki perahu mesin atau kelotok sekitar 30 menit dari pelabuhan Aranio hingga sampai di kaki bukit atas. Ada juga wisata waduh Riam Kanan, Bukit Batu, dan Pulau Sirang yang wisatawan untuk menuju lokasi juga menggunakan kelotok.
“Selama ini, di kelotok-kelotok masih minim rompi keselamatan atau life jaket, sehingga rawan juga berwisata ke kawasan tersebut,” ucap seorang warga Martapura, Syafei.
Kepala Bidang Pelayaran Dishub Provinsi Kalsel Agung Rahmadi mengatakan, melalui pembagian hibah pelampung keselamatan ini merupakan upaya meningkatkan keselamatan pelayaran angkutan sungai dan danau. Pihaknya menyerahkan sedikitnya 250 life jaket untuk operator kelotok yang ada di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.
“Dengan pembagian life jaket ini, mudah-mudahan bisa meningkatkan keselamatan dan meningkatkan kunjungan potensi wisata di Kabupaten Banjar. Kalau life jaket tersedia di kelotok-kelotok, wisatawan dari luar Kalsel tidak perlu khawatir terhadap keselamatannya, walau tetap berhati-hati,” katanya.
Dia menambahkan, dengan adanya pembagian rompi keselamatan juga menjadi pancingan pemilik kelotok atau juragan kelotok bisa mandiri, melengkapi alat keselamatan lainnya.
Pihaknya selain membagikan rompi keselamatan di Kabupaten Banjar, juga sudah membagikan ke Danau Panggang dan juga Kotabaru dengan jumlah yang bervariasi dan tergantung permintaan.
Kepala Dishub Kabupaten Banjar Aidil Basith mengatakan, bersyukur Kabupaten Banjar khususnya Kecamatan Aranio mendapatkan pelampung keselamatan atau life jaket ini. Pihaknya mengharapkan, para juragan kelotok langsung menyediakannya di kelotok-kelotok sehingga wisatawan tidak ragu lagi untuk menikmati panorama alam sungai dan danau di Aranio, seperti Riam Kanan dan Kaki Bukit Atas.
“Terlebih seperti di Riam Kanan sudah terjadi beberapa kali orang tenggelam. Mudah-mudahan dengan adanya pembagian jaket keselamatan ini lebih meningkatkan kepedulian juragan kelotok terhadap keselamatan dirinya dan penumpangnya, karena merupakan tanggung jawab bersama,” tambah Basith.
(MC-Kominfo-Kab.Banjar/Man/Prs/Dessy).

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X