DISHUBKOMINFO KAB. BANJAR SELENGGARAKAN WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA ONLINE BAGI PEMBUAT PRODUK UNGGULAN DAERAH

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

111Martapura,(01-08-2016) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karenanya selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Dalam krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya. Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Kebijakan pemerintah ke depan diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM.222

Untuk memperkuat produk unggulan daerah agar dapat bersaing dengan produk asing sejalan menyongsong era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar melaksanakan “Workshop PembuatanMedia Online Kepada Usaha Kecil Menengah/Pengrajin Produk Unggulan” yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2016 bertempat di Aula Kesbangpol. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini dari PT. Telkom Tbk Indonesia, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banjar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Banjar.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banjar Drs. H. M. Aidil Basith M.AP mengatakan seiring dengan semakin berkembangnya internet untuk segala kebutuhan, banyak yang memanfaatkan untuk ajang promosi secara efektif. Mulai dari pengusaha kecil, menengah, hingga perusahaan besar menggunakan media internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak terkecuali dengan produk UKM. Promosi produk UKM melalui internet memang memberikan banyak keuntungan dan manfaat. Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui media online seperti media sosial,website dan blog, informasi produk unggulan daerah yang dibuat oleh para pelaku usaha dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk. Dia juga menyampaikan produk-produk unggulan lokal Kabupaten Banjar tidak kalah bersaing dengan produk daerah lainnya hanya saja selama ini pengrajin masih memasarkannya hanya di wilayahnya saja, dengan adanya workshop ini diharapkan produk unggulan kita dapat dipasarkan sampai ke manca negara.

 

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pemberian materi dari para narasumber, Workshop yang diikuti oleh 40 orang yang tergabung dalam 7 ( Tujuh ) Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Banjar diberikan pelatihan membuat blog pemasaran produk unggulan yang selama ini di buat para pengrajin. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar berperan aktif dalam membantu pengrajin produk unggulan untuk memasarkan produknya dan akan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait yang menangani Usaha Kecil Menengah. Para Usaha Kecil Menengah yang ingin memasarkan dapat berkonsultasi ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banjar yang akan dibantu oleh Tim IT Dishubkominfo Kab. Banjar dalam pembuatan media online.(Hfz)

 

Source:: DISHUBKOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X