Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan, Tekan Penularan Covid-19

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Gugus Tugas Penanganan Bencana Non Alam Covid-19 Kabupaten Banjar rutin menggelar Video Conference dengan awak media yang tergabung dalam Jurnalis Banjar di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Kamis (16/4/2020).
Dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman selaku juru bicara Gugus Tugas Covid-19 didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Diaduddin, Kepala Dinas Sosial H Ahmadi, Kepala BPBD Banjar Irwan Kumar dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Eddy Elminsyah Jaya yang bertindak sebagai moderator.
Update sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar pukul 14.00 Wita yaitu Orang Dalam Pantauan (ODP) 69 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 0 orang, Kasus Terkonfirmasi (positif) 3 orang, Kontak erat berisiko tinggi 33 orang, Sembuh 2 orang dan Kasus meninggal dunia 1 orang.
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman menyampaikan sebagai upaya menekan penularan COVID-19 yang saat ini dinyatakan pandemi global oleh WHO, masyarakat diminta disiplin jalankan protokol kesehatan, terutama yang terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, tidak bosan-bosannya hal tersebut disampaikan untuk mengingatkan kepada masyarakat
“Salah satu kunci penting penanganan COVID-19 adalah dukungan seluruh masyarakat terhadap upaya pemerintah terkait imbauan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, disiplin physical distancing dan social distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta mengurangi kegiatan ditempat umum.” jelas Sekda Banjar.
Ia juga menyampaikan di tengah wabah penyebaran pandemi virus Corona yang mulai dirasakan dampak ekonomi oleh masyarakat kecil, Pemerintah Kabupaten Banjar telah menganggarkan bantuan jaring pengaman sosial.
“Selain memfokuskan pada bidang kesehatan, bantuan jaring pengaman sosial juga kita lakukan yang merupakan bantuan berupa pangan sebagai bekal dalam kebutuhan sehari-hari kepada warga yang benar-benar membutuhkan, yang mana Pemerintah Banjar telah mengkoordinasikan dengan para camat untuk melakukan pendataan ke desa-desa agar terdata secara akurat, agar bantuan tepat sasaran.
Sementara itu, Dandim 1006 Martapura Letkol Siswo Budiarto mengajak rekan jurnalis untuk dapat menginformasikan situasi terkini secara berimbang dan dapat dipertanggung jawabkan tentang penanganan virus corona di Kabupaten Banjar.
“Saya meminta kepada rekan jurnalis agar membantu untuk mengedukasi masyarakat tentang protokol pencegahan Covid-19, dan mensosialisasikan imbauan-imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah.” Imbaunya.
Sebelum menutup video konferensi, Eddy Elminsyah Jaya menyampaikan, bahwa Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian akan terus mengoptimalkan sosialisasi kepada masyarakat.
“Kita akan lebih gencar lagi menyampaikan kepada masyarakat, karena saat ini masyarakat sudah mulai jenuh dengan keadaan ini dan sudah mulai mengindahkan imbauan- imbauan pemerintah, sampai Covid-19 benar-benar berlalu.” Tegasnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Agusoke)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?