DPRD Majalengka Belajar Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Banjar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Martapura,InfoPublik — Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Asisten Pemerintahan Kesra menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka, di ruang Kerja Bupati Banjar, Rabu (27/3/2019) pagi.
Asisten Pemerintahan Kesra, Zainudin mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar mengucapkan selamat datang kepada Bapak dan Ibu Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka, yang pada hari ini berkenan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banjar.
Terkait dengan informasi yang ingin digali oleh Bapak dan Ibu Rombongan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka mengenai pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banjar, saat ini kami terus melaksanakan berbagai program yang dibuat untuk mengupayakan pengentasan kemiskinan bagi warga masyarakat di Kabupaten Banjar, dengan harapan kami dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi Kabupaten Banjar yaitu Mewujudkan “Masyarakat Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah”.
“Pemerintah Kabupaten Banjar saat ini memiliki Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) yang menjadi pintu gerbang bagi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Banjar. Dimana SLRT tersebut saat ini eksis memberikan 3 pelayanan sosial yaitu ekonomi sosial, pendidikan dan kesehatan, namun saat ini pelayanan yang dominan diberikan di SLRT yaitu terkait dengan kesehatan.
“Alhamdulillah melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Angka Kemiskinan di Kabupaten Banjar mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar 2,76 % di Tahun 2018,”jelasnya
Selanjutnya, salah satu program yang sudah kami laksanakan pada tahun 2018 adalah Pemberian bantuan sembako 5.000 paket kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 20 kecamatan Kabupaten Banjar yang sesuai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banjar.
Zainudin menambahkan pada tahun ini kami mempunyai program pemberian bantuan material untuk keperluan Bedah Rumah bagi warga masyarakat, kami menargetkan yaitu sebanyak 30 buah rumah yang tidak layak huni, jumlah ini naik dibandingkan pada tahun 2018 yang hanya sebanyak 13 buah rumah yang tersebar di 4 Kecamatan,”tambahnya
Selanjutnya ditahun 2019 ini, juga akan ada sebanyak 15.386 warga masyarakat di Kabupaten Banjar yang akan mendapatkan penyaluran bantuan sosial dari Pemerintah Pusat yaitu Beras Sejahtera (RASTRA).
Beliau menyampaikan ucapan terimakasih sudah memilih Kabupaten Banjar sebagai tujuan Kunjungan Kerja Bapak dan Ibu Rombongan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka.
Sementara Ketua Komisi IV DPRD Majalengka, Hamdi mengungkapkan alasannya melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Banjar adalah karena menurut penilaiannya Kabupaten Banjar adalah salah satu Kabupaten dengan tingkat kemiskinan yang sangat rendah.
“Kami melihat diIndonesia ada kabupaten yang angka kemiskinanannya hanya berkisar 2 persen di Kabupaten Banjar, sedangkan kalau untuk daerah kami Majalengka untuk angka kemiskinannya berkisar 10 persen,” ujarnya
Hal itu, dinilainya sangat luar biasa dan juga upaya pemerintah dalam hal menanggulangi kemiskinan yang terus berjalan. Sehingga apa yang telah pihaknya pelajari dengan Pemerintah Kabupaten Banjar akan dilaksanakan didaerahnya, diantaranya terkait dengan Tim Penanggulangan Kemiskinan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Banjar. (MC Kominfo Kab.Banjar/Man/Hendy)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...