EKSPOSE PENDAFTARAN VARIETAS DURIAN KABUPATEN BANJAR

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabupaten Banjar, khususnya Kecamatan Karang Intan merupakan salah satu pusat sumberdaya genetik durian di Kalimantan Selatan. Bahkan Desa Bi’ih di kecamatan ini ditetapkan sebagai desa wisata durian. Untuk melestarikan dan meningkatkan pemanfaatan potensi durian ini, pemerintah Kabupaten Banjar bekerja sama dengan BPTP Kalimantan Selatan dan BPSB Prov. Kalimantan Selatan melaksanakan karakterisasi dan pendaftaran varietas durian asal Kab. Banjar ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian.
Untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar instansi yang terlibat dalam proses pendaftaran ini, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar melaksanakan Ekspos Pendaftaran Varietas Durian Kab. Banjar pada tanggal 10 Agustus 2018 di PPVTPP Jakarta.

Dalam sambutannya Kepala PPVTPP, Prof. Dr. Erizal Jamal menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kab. Banjar, khususnya Bupati Banjar, K.H. Khalilurrahman. Menurut Prof. Dr. Erizal Jamal pendaftaran varietas merupakan pendaftaran paten terhadap kepemilikan tanaman dan PPVTPP selalu mendorong pemerintah daerah untuk mempatenkan potensi varietas lokal yg memiki keunggulan spesifik dari daerah masing-masing. Ekspose ini menunjukkan keinginan yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Banjar dalam mengembangkan potensi sumberdaya genetiknya.

Dalam ekspose ini disampaikan mengenai potensi SDG Durian Kabupaten Banjar oleh Dr. Aidi Noor dari BPTP Kalsel serta Proses Pendaftaran 8 Varietas Durian Potensial oleh Ir. Tri Susanto dari BPSB Prov. Kalimantan Selatan. Delapan varietas durian yang didaftarkan meliputi varietas Gantang, Gading, Idangan Bi’ih, Hintalu, Bamban Birin, Kuning Janar, Dodol Mascinta dan Penyangat Kuning. Empat dari delapan varietas yang didaftarkan merupakan pemenang kontes buah durian yang dilaksanakan di Desa Bi’ih Kecamatan Karang Intan pada bulan Februari 2018 yang lalu. Pada kesempatan ekspos ini, disampaikan pula prosedur dan persyaratan pendaftaran varietas, baik untuk perlindungan kepemilikan maupun untuk perbanyakan dan penyebarannya oleh Kabid Pendaftaran Varietas PPVTPP.

Dalam sambutannya, Bupati Banjar menyampaikan bahwa Kabupaten banjar berkeinginan untuk terus menggali potensi varietas-varietas unggul lokal agar dapat menjadi varietas unggul nasional. Sebagaimana varietas durian yangvsudah pernah dilepas seperti si Dodol, si Japang, si Hijau dan si Penganten. Disampaikan selain potensi durian, Kabupaten Banjar juga merupakan lumbung pangan Kalimantan Selatan dan penghasil padi dan jeruk Siam Banjar utama di Kalimantan Selatan. Pemerintah Kabupaten Banjar mengharapkan kerjasama yang lebih intensif lagi dalam pendaftaran varietas ini serta dalam pelestarian SDG Tanaman ini. Disampaikan bahwa disetujuinya pendaftaran delapan varietas durian ini akan menjadi kado yang indah bagi ulang tahun Kabupaten Banjar pada tanggal 15 Agustus 2018 yang akan datang.

Dalam diskusi disampaikan bahwa pelestarian ex-situ di ruang terbuka hijau serta on-farm conservation dalam bentuk Field Gene Bank di lahan petani akan menjadi prioritas Pemerintah Kab. Banjar. Menanggapi permintaan Bupati Banjar, Kepala PPVTPP berkomitmen untuk memprioritaskan Kabupaten Banjar dalam roadmap Kegiatan PPVTPP dan memfasilitasi kehadiran pejabat Kementerian Pertanian utk berhadir dalam Ulang Tahun Kab. Banjar pada tanggaln15 Agustus 2018 yang akan datang(nove/riza)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X