Festival Sinoman Hadrah di Hari Jadi Kabupaten Banjar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar suguhkan Festival Sinoman Hadrah dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-68 Kabupaten Banjar dan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, di halaman kantor Disbudpar Kabupaten Banjar, Rabu (01/8).
Festival Sinoman Hadrah diikuti oleh semua kalangan usia baik anak anak maupun dewasa diikuti 14 Group se Kabupaten Banjar. Satu grup berjumlah maksimal 45 orang di antaranya pemukul tabuh atau terbang, penari dan pembawa payung. Sedangkan syair-syair yang dibawakan pun berisi shalawat serta doa harapan agar Kabupaten Banjar semakin sejahtera dan barokah.
Sinoman Hadrah merupakan bentuk kesenian tradisional Banjar yang bernuansa Islami. Selain menari diiringi tabuhan rebana, juga dilantunkan syair-syair pujian. Grup atau para pemain Sinoman Hadrah banyak terdapat di Kabupaten Banjar.
Bupati Banjar H. Khalilurrahaman yang turut hadir menyaksikan dan membuka langsung event budaya tahunan ini, tampak sangat menikmati sajian setiap grup yang tampil di hadapannya. Begitupula dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah, kelihatan terpesona dengan atraksi dari para peserta.
“Sinoman Hadrah sebagai salah satu kesenian tradisional bernuansa Islami yang banyak digeluti oleh masyarakat kita, sehingga patut dilestarikan. Festival ini merupakan salah satu yang menurut saya bisa mempertahankan keberadaan kesenian Sinoman Hadrah.” ujar bupati.
Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Haris Rifani menyampaikan perlombaan hari ini juga sekaligus perebutan piala bergilir Bupati Banjar. “Alhamdulillah ternyata antusias masyarakat dan peserta lebih banyak, saya tidak menyangka akan sebanyak ini masyarakat yang hadir”, ujar Haris.
Menurut Haris, Sinoman Hadrah ini merupakan kesenian budaya yang wajib dilestarikan, dengan mengadakan Event Budaya Tahunan inilah kita berupaya untuk mempertahankan salah satu dari kesenian daerah kita agar tetap dikenal oleh masyarakat.
Tidak hanya itu, suksesnya Even Festival Budaya dalam bentuk cabang perlombaan ia juga ingin membawa sinoman hadrah ini ke kancah nasional “Kita akan terus berupaya untuk mengembangkan dan mempertahankan budaya dan tradisi daerah kita miliki, sampai ke tingkat nasional untuk memperkenalkan salah satu kekayaan budaya yang kita miliki,” tutupnya Haris.
Sementara itu terpilih sebagai juara I pada Festival Sinoman Haderah tersebut adalah grup sinoman hadrah (An Nida ), juara II diraih oleh grup ( Surya Abadi ), juara III diraih oleh grup ( Karya Baru ), Harapan I Grup ( Al – Fata ), Harapan II Grup ( Al Ikhlas ), harapan III Grup ( Satu Hati ), Dalam kesempatan tersebut panitia juga memberikan hadiah kepada Pemayung Terbaik grup ( Karya Baru ).
Para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa piala bergilir dan mendapatkan trofi penghargaan, para Juara Festival Sinoman Hadrah ini pun mendapat uang pembinaan dari Disbudpar Kab Banjar, Hal ini sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Banjar, atas kerja sama dan dukungan masyarakat dalam melestarikan dan mempertahankan budaya khas Banjar yang bernafaskan Islam. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Briefdanuary/dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X