FKDM KECAMATAN SUNGAI TABUK DIBENTUK

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Untuk membantu Instrumen Negara dalam menyelenggarakan urusan  keamanan, ketentraman dan ketertiban melalui upaya Deteksi Dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana alam dan bencana ulah  manusia, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab. Banjar mengadakan seminar dan talkshow atau dialog Permendagri No. 12 Tahun 2006 dan Pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan, Selasa (19/02) lalu di Kecamatan Sungai Tabuk Kab. Banjar.

Acara yang dihadiri Camat Sungai Tabuk M. Arsyad, unsur Muspika, seluruh pembakalan (kepala desa) se-Kecamatan Sungai Tabuk, tokoh pemuda, tokoh adat dan para tokoh masyarakat setempat ini, Kabid Ketahanan Ideologi dan Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Kab. Banjar Dra. Fathul Djennah, Kesbangpol Propinsi  A. Ariffin, Sertu Jumarudin dari Kodim 1006 Martapura, dan AKP Irawan, SH,  dari Polres Banjar.
Irawan menjelaskan, bila masyarakat menemukan potensi ancaman keamanan, ketentraman dan ketertiban maka cukup segera laporkan hal mencurigakan tersebut kepada aparat berwajib. “Tidak perlu berusaha sendiri mengatasi hal tersebut,” tegasnya.
Senada dengan hal tersebut, Jumarudin menekankan pentingnya tindakan Temu Cepat Lapor Cepat. Ia pun menerangkan sekilas tentang taktik dan tehnik tentang penyelidikan, pengamanan dan penggalangan informasi mencurigakan. “Infomasi tersebut minimal harus memenuhi kaidah SIABIDIBAME — Siapa, Apa, Bilamana, Dimana, Bagaimana, dan Mengapa ,” ungkapnya.
Adapun Kepala Kesbangpol Banjar Syahda Mariadi, M. Si dalam sambutannya mengatakan, Kepada para peserta dapat lebih tanggap dan peka terhadap berbagai hal yang akan  dapat terjadi dilingkungan, tingkatkan kewaspadaan untuk terus mencermati situasi serta selalu berkoordinasi dengan insyansi terkait yang ada di tingkat kecamatan dan Kabupaten dalam upaya cegah dini dan lapor cepat.
Kemudian Camat M. Arsyad dalam sambutannya berpesan kepada warganya agar mampu menahan diri bila terjadi kesalahpahaman antar warga dan diharapkan, peran FKDM yang telah dibentuk dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data dan informasi  terkait potensi ancaman keamanan dan ketertiban.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...