GRAND FINAL FESTIVAL BECATUK DAUH 2019 MERIAHKAN PERAYAAN MALAM IDUL FITRI 1440 H

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Kab Banjar Hj Raudhatul Wardiyah membuka secara langsung grand final Festival Becatuk Dauh Tahun 2019 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Banjar pada malam perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah di alun alun RTH Ratu Zalecha Martapura, Selasa (04/06) malam.
Menurut Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam sambutannya, kegiatan tersebut merupakan salah satu media efektif untuk menyalurkan daya kreativitas dan kemampuan seni, khususnya di kalangan generasi muda (Generasi Milenial).
“Kegiatan ini juga menjadi salah satu cara bagi kita, untuk dapat melestarikan budaya dan seni tradisi islami, sekaligus menyemarakkan malam hari raya Iedul Fitri 1440 H,” katanya.
Ditegaskannya, Budaya dan seni tradisi islami merupakan tradisi khas masyarakat Martapura yang perlu dipertahankan. Karena, didalamnya mengandung nilai-nilai kesantunan sosial. Selain itu kegiatan tersebut penting bagi generasi muda, sebagai pilar kekokohan penerus cita-cita bangsa, ditengah era globalisasi.

“Melalui Festival Becatuk Dauh ini, saya berharap dapat menumbuhkan kesadaran bagi kita semua, khususnya para remaja generasi milenial, tentang pentingnya melestarikan seni budaya tradisi Islami, sekaligus membentengi diri dari pengaruh negatif globalisasi. Teknologi memang harus dikuasai, namun seni budaya lokal islami jangan sampai terlupakan,” tandasnya
Festival Becatuk Dauh 2019 yang memperebutkan Piala Bupati Banjar itu pun berlangsung meriah. Ribuan masyarakat nampak memadati RTH Ratu Zalecha untuk menyaksikan geloran lomba sekaligus merayakan malam takbiran.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya lomba kesenian tersebut.
“Festival bacatuk dauh sebagai upaya untuk melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Banjar dalam merayakan malam hari raya idul Fitri”, jelasnya.
Berdasarkan laporannya, Jumlah peserta pada grand final festival bacatuk dauh 2019 menyisakan 8 grup dari 30 grup peserta yang mengikuti lomba tersebut. (Reza/Asep)

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...