GURU KHALIL HADIRI TANAM PADI “BANJAR SAPA” DI KARANG INTAN

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bupati KH Khalilurrahman menghadiri Selamatan Tanam Padi ”Banjar Sapa” dengan sistem Gora, sekaligus Pengukuhan Kelompok Tani di Kecamatan Karang Intan, Rabu (14/11)
Pada kegiatan yang digelar di Desa Pasar Lama ini, Bupati Khalilurrahman mengatakan, Karang Intan merupakan salah satu wilayah Kabupaten Banjar yang mempunyai potensi sangat besar di bidang pertanian. Mulai dari tanaman pangannya, hortikultura (sayur dan buah-buahan) hingga sektor perikanannya.
”Potensi yang besar ini adalah peluang yang harus kita kelola sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat petani” tandasnya.
Menurut Bupati, sebagai daerah sentra durian, Karang Intan juga sangat kaya dengan varietas-varietas unggulannya, antara lain si Bamban Birin, Dodol Mascinta, si gantang 88, si Hintalu, si Gading Abirau, si Penyangat Kuning, si Kuning Janar, si Idangan Biih, si Dodol dan Sijapang.
”Tentunya ini harus kita pertahankan, jangan sampai durian yang menjadi kebanggaan ini punah” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Guru Khalil juga mengucapkan selamat kepada kelompok tani yang baru dikukuhkan, Dia pun berpesan agar petani betul-betul menjalankan fungsi kelompok taninya, kalau bisa rangkul generasi muda di wilayah ini agar sektor pertanian kita tidak mengalami krisis regenerasi.
Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir Muhammad Fachry menambahkan, kelompok tani Karang Intan yang dikukuhkan Bupati sebanyak 221 kelompok, yakni Kelas Pemula 76 kelompok, Kelas Lanjut 132 kelompok dan kelas madya 13 kelompok.
Dijelaskannya, Karang Intan dengan jumlah desa sebanyak 26 mempunyai luas lahan sawah sebesar 2.552 Ha, terdiri dari lahan sawah irigasi 78 Ha, lahan sawah tadah hujan 2.280 Ha dan lahan sawah lebak 194 Ha.
”Rencana taget pada musim tanam 2018/2019 untuk padi sawah seluas 2.173 Ha dan padi Gogo 1.495 Ha” tandasnya. Pada tahun anggaran 2018, sambungnya, Karang Intan mendapat alokasi kegiatan APBD berupa bantuan benih padi Gogo seluas 250 Ha dan padi sawah 375 Ha.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan secara simbolis alsintan handsprayer kepada dua kelompok tani, bantuan benih padi unggul kepada dua kelompok tani. Kemudian Ketua TP PKK Raudathul Wardiyah menyerahkan bibit lombok sebanyak 100 polybag kepada KWT Sejahtera Bersama Desa Mandi Angin Timur yang merupakan bantuan dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel.

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X