Hari Keluarga, Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Kalimantan Selatan, InfoPublik – Kegiatan Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 berlangsung begitu meriah, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani mewakili Presiden RI, Joko Widodo di halaman Kantor Sekretariat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjabaru, Sabtu (6/7/2019).
Pada sambutannya, Puan Maharani menyampaikan Peringatan Harganas ke-26 yang cukup meriah dan banyak tamu dari seluruh Indonesia.
“Apresiasi saya ucapkan ke Gubernur beserta jajaran yang sudah menggelar acara yang cukup meriah,” kata Puan.
Peringatan Harganas ke-26 yang mengusung tema ‘Hari Keluarga, Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana’.
Puan mengatakan dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera dimulai dari perencanaan keluarga yang baik.
“Harganas ini jangan hanya seremonial saja, tetapi benar-benar menjadikan keluarga sebagai fondasi utama dalam setiap segi kehidupan, harus direalisasikan konkrit di dalam keluarga Indonesia,” ujar Puan.
Dijelaskan Puan, Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera.
Melalui BKKBN dan Kemenkes menjadi sarana mengingatkan semua bahwa mencintai keluarga berarti merencanakan keluarga bahagia.
Tugas BKKBN tidak hanya melakukan upaya pengendalian penduduk, tetapi membangun pemahaman dan komitmen dalam mewujudkan keluarga yang sehat, berpendidikan dan sejahtera.
“Keluarga menjadi tempat pertama dalam membimbing dan memberdayakan keluarga secara sosial ekonomi budaya, dengan peran aktif dari seluruh pihak. Mulai masyarakat, keluarga, sampai ke Pemerintah,” ungkap Puan Maharani.
Keluarga berperan penting membangun budi pekerti memperteguh pancasila dalam kehidupan bernegara, menghargai perbedaan dan mengedepankan rasa persatuan keluarga Indonesia
“Keluarga Indonesia itu satu pondasi keluarga kecil sampai ke Indonesia. Dan itu harus bisa gotong royong untuk mewujudkan apa dan bagaimana serta merencanakan sehingga kedepan sesuai harapan. Cinta keluarga itu satu hal yang wajib kita lakukan. Karena dinilai dari keluarga nantinya kita bisa membangun bangsa Indonesia yang baik,” sebutnya.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI tersebut berpesan pelaksanaan harganas XXVI bisa berjalan baik dan lancar.
“Saya berharap apa yang sudah dilakukan Kalsel terkait dengan program KB, kesehatan, dan PKK akan terus dilakukan penguatan dan peningkatan dalam memajukan Indonesia ke depan,” harapnya
Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo sekaligus sebagai ketua pelaksana panitia dalam laporannya menyampaikan berbagai macam kegiatan dalam memperingati Harganas ke-26 ini, yang berlangsung dari tanggal 1-6 Juli 2019.
“Melalui program Pembangunan Keluarga, maka diharapkan setiap keluarga di Indonesia adalah keluarga yang bahagia sejahtera, meningkat kesejahteraan dan taraf hidup keluarganya,” katanya.
Hal itu dapat ditempuh melalui berbagai program pembinaan ketahanan keluarga, serta pemberdayaan ekonomi keluarga,
“Setiap keluarga kita harapkan dapat menjalankan 8 fungsi keluarga secara optimal, yaitu fungsi agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya dan fungsi lingkungan,” harap Wardoyo.
Dan pada akhirnya akan terbentuk generasi emas bangsa Indonesia yang berkualitas, berkompeten, dan berkarakter.
Sebelumnya Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengucapkan terimakasih kepada tamu dan undangan yang hadir dari seluruh nusantara.
“Mohon maaf jika dalam pelayanan maupun akomodasi pada penyelenggaraan acara ini ada yang kurang berkenan,” ucapnya.
Sahbirin Noor juga turut memberikan tanggapannya terkait Harganas, Gubernur berharap agar acara yang diselenggarakan di Kalsel ini nantinya akan bisa bermanfaat untuk untuk masyarakat.
“Kita sama-sama menjaga keluarga, karena keluarga adalah pondasi dasar untuk kuatnya suatu bangsa, dan semoga Indonesia semakin jaya dengan keluarga yang sehat dan sejahtera,” harapnya.
Pada rangkaian acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani juga melakukan penyerahan penghargaan Satya lancana Pembangunan dan Satya Lancana Wira Karya oleh Bapak Presiden Joko Widodo kepada sejumlah kepala daerah, serta menyerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada 30 Ketua PKK, 13 Penerima penghargaan wira karya kencana, 7 penghargaan Dharma Karya Kencana , 1 penghargaan cipta karya kencana, dan penghargaan kampung KB percontohan tingkat Nasional.
Turut hadir pada peringatan puncak Harganas ke-26 Bupati Banjar H Khalilurrahman beserta Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudatul Wardiyah Khalilurrahman dan juga sejumlah Kepala Daerah di Indonesia beserta Istri. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Man/Prs)

Source:: Media Center

Source:: DISHUBKOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...